×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Perkuat nasionalisme, Yudi Herbie keliling 33 provinsi naik VW Kodok

View Image

0

BRILIO » News

Perkuat nasionalisme, Yudi Herbie keliling 33 provinsi naik VW Kodok

Mobil VW yang dikendarainya adalah VW Kodok keluaran tahun 1961 yang mesinnya sudah dimodifikasi dari 1.200 cc menjadi 1.600 cc.

24 / 11 / 2015

Brilio.net - Iswahjudi Raden Sjarieef atau yang akrab dipanggil Yudi Herbie sukses mengelilingi nusantara seorang diri dengan menggunakan mobil Volkswagen Beetle. Aksi ini dilakukan demi menjalani misi untuk eksplorasi keragaman Indonesia dan memperingati Sumpah Pemuda. Aksi ini sendiri turut dibantu Komunitas Volkswagen Indonesia.

Dalam melakukan aksi yang bertajuk 'Ekspedisi Lintas Khatulistiwa Indonesia 2013' ini Yudi Herbie tanpa bantuan mekanik. Mobil VW yang dikendarainya adalah VW Kodok keluaran tahun 1961 yang mesinnya sudah dimodifikasi dari 1.200 cc menjadi 1.600 cc.

Yudi Herbie bersama Mobil VW Beetle yang menemaninya selama ekspedisi

Perkuat nasionalisme, Yudi Herbie keliling 33 provinsi naik VW Kodokfoto : andry@brilio

Ditemui brilio.net saat event Jogja Volkswagen Festival 2015, Minggu (22/11), Yudi mengatakan tujuan aksi itu adalah mengenal lebih jauh keragaman dan aneka macam suku budaya, adat, dan agama di Nusantara. Selain itu juga menjalin kebersamaan dan silahturahmi antar komunitas Volkswagen di seluruh Indonesia yang jumlahnya sampai saat ini mencapai 76 klub.

Loading...

Volkswagen Beetle keluaran 1961 kebanggaan Yudi Herbie

Perkuat nasionalisme, Yudi Herbie keliling 33 provinsi naik VW Kodokfoto : andry@brilio

Yudi Herbie juga melakukan aksi sosial dengan mengunjungi panti asuhan dan panti jompo lintas agama di seluruh Indonesia di sela-sela perjalannya. Tak hanya itu, untuk menambah wawasan dan rasa cinta tanah air Yudi juga mengunjungi 56 makam pahlawan nasional dan 96 kantor pos yang tersebar di berbagai daerah.

"Saya mengunjungi 96 kantor pos selain untuk menambah wawasan juga sebagai bukti bahwa saya pernah mengunjungi daerah tersebut. Jadi kalau biasanya orang menjadikan foto sebagai bukti, ini saya tambah dengan cap kantor pos sebagai bukti," kenangnya sambil tertawa.

Tidak main-main, perjalanan menjelajahi 33 provinsi ini menghabiskan dana kurang lebih Rp 190 juta dengan waktu tempuh selama 9 bulan.

"Target awal sebenarnya 6 bulan, tapi menjadi 9 bulan. Ini terjadi karena ternyata 33 provinsi di Indonesia itu luas sekali dan perkiraan kami meleset. Untuk penyeberangan saja saya sampai harus melakukan 29 kali penyeberangan," cerita pria berambut panjang ini.

Peta yang menunjukkan rute perjalanan yang ia lalui, menempuh jarak sejauh 40.127.414 kilometer

Perkuat nasionalisme, Yudi Herbie keliling 33 provinsi naik VW Kodokfoto : andry@brilio

Walaupun telah dipersiapkan dengan sangat matang, perjalanan yang telah ia lakukan bukan perjalanan bebas kendala. Ada banyak sekali cerita suka dan duka selama perjalanan. Sebagai contoh ketika berada di daerah Duri, Riau, saat itu mobil VW miliknya mengalami masalah mesin. Kemudian di Sulawesi Selatan tanpa diduga salah satu ban mobilnya lepas dan terlontar hingga 4 kilometer.

"Syukur ada teman-teman dari komunitas di setiap daerah yang selalu membantu dan mendukung baik moral dan teknis sehingga ekspedisi ini bisa terselesaikan," ujarnya.

Bagi Yudi, perjalanan yang telah ia selesaikan ini menjadi kebanggaan pribadi dan komunitas mobil Volkswagen Indonesia.

"Momen ini akan tercatat sebagai sejarah untuk generasi yang akan datang," pungkasnya.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more