Brilio.net - Kapan kamu benar-benar mengamati kedua tanganmu, guys? Hmmm ... ternyata tanganmu bisa menguak kondisi kesehatan kamu, lho. Yuk, kita cek!

Seperti dikutip brilio.net dari laman Prevention, Selasa (9/6), berikut penjelasan bahwa tangan bisa mengungkap kondisi kesehatan kamu.

1. Getaran pada tangan

Bilamana tanganmu gemetar tak terkendali, pertama, jangan panik. Satu alasan sederhana mengapa begitu, bisa jadi kamu terlalu banyak mengonsumsi kafein. Selain itu, beberapa obat, termasuk obat asma dan antidepresan, juga bisa menyebabkan tangan gemetar.

Namun jika tidak ada penyebab tersebut, tapi kamu mengalami tremor berkelanjutan, lebih baik periksalah ke dokter. Penyebab yang lebih jarang terjadi, menurut David E. Bank, MD, asisten profesor klinis dermatologi di New York-Presbyterian/Columbia di New York City, adalah Parkinson, gangguan sistem saraf yang memengaruhi pergerakan.

Loading...

2.Kuku rapuh dan lemah

Kalau kukumu rapuh dan lemah, mungkin kamu kekurangan zinc atau zat seng. Menurut David E. Bank, seng dapat membantu pertumbuhan dan pembaruan sel kulit. Jadi, lebih baik kamu menambah konsumsi makanan dengan kandungan seng lebih banyak untuk diet. Bahan makanan yang mengandung seng antara lain bibir gandum, oat, kacang-kacangan, dan daging.

3. Pengelupasan kulit

Jika kulit ujung jarimu tiba-tiba terkelupas, mungkin kamu kekurangan vitamin B. Vitamin B seperti niacin (B3) dan biotin (vitamin B7) merupakan vitamin penting bagi kesehatan kulit.

"Biotin bermanfaat membuat kulit sehat dan pertumbuhan kuku, sedangkan niacin membantu melindungi dan memperbaiki kulit dengan mencegah pembentukan melanin, meningkatkan pertumbuhan kolagen, dan meningkatkan kelembaban alami kulit," kata Bank.

Nah, bahan makan kaya niacin yang bisa kamu konsumsi adalah ikan, kacang, dan jamur. Sementara itu, makan kaya biotin antara lain seperti alpukat dan tuna. Semua ini baik untuk menunjang program dietmu.

4. Kekeringan, rasa gatal, dan ruam

Eksim adalah kondisi kulit yang membuat kulit gatal, kering, atau meninggalkan ruam. Gejala ini bisa menyerang tanganmu. Kamu perlu konsultasi pada dokter dan mungkin perlu meminta resep salep untuk mengatasinya.

Namun jika dokter bilang kamu tidak mengalami gejala eksim, dengan kata lain tangan hanya kering, kamu bisa menggunakan pelembab yang kaya vitamin A.

"Berulang kali mencuci tangan dapat mengeringkan tanganmu. Menyentuh kertas dan bahan keras lainnya sepanjang hari juga bisa mengeringkan tanganmu," ujar Bank.

Nah, untuk malam hari, kamu bisa menggunakan vitamin E untuk kutikula-jika memang kamu tidak mencuci tangan untuk mendapatkan air bagi tanganmu. Vitamin E bermanfaat bagi kulitmu.

5. Kuku pucat dan putih

Jenis perubahan warna dapat tanda anemia, yang berarti kamu tidak memiliki cukup sel darah merah sehat untuk membawa oksigen ke jaringan tubuhmu. Sebuah tes darah rutin dapat memeriksa anemia dan pengobatan umumnya terdiri dari suplemen zat besi. Namun begitu, tetap butuh evaluasi medis yang tepat untuk pertama kali.

6. Ujung jari membiru

Ujung jari yang berubah warna dari putih menjadi biru, lalu menjadi merah, bisa menandakan Raynaud's syndrome. "Kondisi ini menyebabkan dinginnya jari tangan dan kaki, dan dapat disertai nyeri, mati rasa, dan kesemutan," kata Bank.

Para ahli percaya Raynaud's syndrome terjadi karena spasme pembuluh darah dan penurunan sirkulasi,namun penyebab pastinya belum diketahui. Pengobatan terbaik untuk ini adalah memakai sarung tangan, minum obat yang diresepkan, dan menghindari stres, merokok, dan paparan suhu dingin.

7. Kuku yang fleksibel

Kuku lembut dan mudah ditekuk dapat menunjukkan kekurangan kalsium atau protein. "Salah satu tanda hipokalsemia rendah kalsium dapat membuat kuku rapuh atau kulit bersisik kering dan rambut kasar," papar Bank.

Dia juga menambahkan kekurangan protein dapat berpengaruh pula pada kuku. Maka dari itu, dia menyarankan kita makan makanan yang kaya produk susu serta sarden dan bayam.

8. Kuku berpigmen gelap

Kalau kamu melihat kukumu gelap, tidak seperti biasanya, kamu disarankan mencari bantuan medis. Hal ini dapat mengindikasikan awal gejala melanoma (tumor ganas melanosit yang ditemukan terutama di kulit). Tapi perlu kamu tahun bahwa menurut penelitian di Italia jenis kanker ini cukup langka, hanya 1-3% kasus.

Untuk menentukan apakah benar kukumu gelap sebagai tanda awal melanoma dan sebelum datang ke dokter, coba bersihkan kukumu secemerlang mungkin, terutama kamu yang pakai kutek. Hal ini membantu dokter untuk mengevaluasi kondisi kukumu secara cermat dan menyeluruh.

Nah, guys, periksa kembali kukumu. Kesehatanmu, lho.