Brilio.net - Preeti Gupta, seorang gadis New Delhi, India, menderita penyakit aneh dalam tubuhnya. Jika menangis, air mata yang keluar adalah darah. Demikian juga dengan keringatnya, darah.

Preeti mulai menderita penyakit aneh ini sejak November 2009, ketika usianya 10 tahun. Hingga 5 tahun lamanya gadis ini tak mendapat perhatian yang baik dari rumah sakit karena penyakitnya yang tak biasa. "Banyak dokter menyangka anak saya gila, akan tetapi kami sungguh melihat penderitaannya. Kami putus asa dengan kesembuhannya. Kami tidak tau harus bagaimana, kami butuh dokter untuk menyembuhkannya," ungkap ayah Preeti, Manoj Gupta (35) seperti dikutip dari dailymail.co.uk.

Penyakit langka gadis India, mengeluarkan air mata dan keringat darah

Setahun lamanya setelah kejadian pertama tak muncul, gejala aneh itu mulai lagi pada 2010. Darah keluar dari telinga, kulit kepala, kuku jari tangan maupun kaki, serta bola mata. Diakui Preeti, rasanya sakit sekali seperti ada yang menekan. Namun setelah aliran pertama sakitnya reda. "Beberapa bagian tubuhku seperti tungkai, telapak kaki, dan telapak tangan terasa gatal tak tertahankan seperti terbakar. Terkadang timbul bisul pada mulut sebelum mengeluarkan darah," ungkap dia.

Manoj yang bekerja di pemerintahan punya penghasilan sebesar 36.000 rupee (sekitar Rp 8.000.000) dan menghabiskan sebesar 700.000 rupee (sekitar Rp 140.000.000) untuk membayar ratusan konsultan kesehatan di berbagai daerah di India.

Fenomena ini sangat langka, hanya dialami oleh populasi yang sangat kecil di dunia. Ini sempat membuat Preeti depresi dan menolak berbaur dengan teman-teman remajanya. Namun syukurnya, teman-temannya sangat mengerti keadaannya dan tak pernah menjauhinya.

Manoj dan sang istri, Jyoti, hampir setiap malam berjaga karena anaknya seringkali mengalami mimpi buruk. Preeti sudah dibawa ke spesialis THT terbaik dan ahli hermatologi, namun mereka gagal mendiagnosa kondisi Preeti. Beberapa orang mengatakan Preeti kemasukan setan atau roh jahat.

Jalan terang bagi Preeti hadir dari Dr Shashidhar, seorang dokter spesialid THT pediatri di Rumah Sakit Artemis New Delhi. Darinya diketahui penyakit ini bernama Haemolacria, yang cirinya terjadi pada anak-anak dan seringkali secara tiba-tiba dari beberapa bagian tubuh mengeluarkan darah. "Bisa dari mata, kening, telinga, atau hidung. Ini ada hubungannya dengan kelenjar keringat dan pembuluh kapiler karena setelah berdarah tak ada memar atau bekas luka," ungkap Dr Shashidhar.

Haemolacria adalah kondisi di mana seseorang mengeluarkan air mata berwarna merah seperti darah. Namun sebenarnya cairan ini tidak sepenuhnya darah. Penyakit ini bisa mengindikasikan tumor pada bagian mata yang bernama lacrimal apparatus. Disebabkan oleh bakteri atau kesehatan lingkungan yang buruk.

"Aku sempat berpikir mengapa ini terjadi padaku? Apa yang salah denganku? Aku masih tak percaya dengan penyakit aneh ini. Apakah aku akan kehilangan penglihatanku? Tapi syukurnya penglihatanku masih sempurna dan juga tak ada masalah dengan pndengaranku," aku gadis 15 tahun ini.