Brilio.net - Jam berapa kamu masuk sekolah? Pasti kamu akan menyebut jam 06.30 atau jam 07.00. Terkadang jika menjelang UN (ujian nasional) akan ada tambahan jam ke-0 yang mewajibkanmu datang pukul 06.00 pagi. Meski begitu kamu menganggap hal ini wajar-wajar saja mengingat semua sekolah juga begitu.

Namun orang luar negeri yang melihat jam masuk sekolah di Indonesia tentu akan terkejut. Pasalnya jika dibandingkan dengan luar negeri, jam masuk di Indonesia termasuk yang paling pagi. Seperti contoh di Singapura masuk pukul 07.30-08.00, China 08.00, Jepang 08.30, Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa pukul 09.00. Mengapa bisa begitu?

Hal tersebut tak terlepas dari letak astronomis Indonesia yang berada pas di garis khatulistiwa. Matahari di Indonesia akan terbit lebih dulu dibanding negara-negara lainnya di belahan dunia bagian utara. Di sini jam 05.00 matahari sudah mulai menampakkan dirinya. Sedangkan di Jepang jam 05.00 masih gelap.

Dari situlah alasan mengapa di Indonesia segala kegiatan seperti sekolah atau kerja selalu dimulai pukul 07.00 saat matahari sudah mulai terang-benderang. Meski begitu kamu tidak perlu iri dengan negara lain yang masuk lebih siang.

Mengapa? karena jam belajarnya juga sama saja. Contoh di sini masuk jam 07.00 pulang jam 13.00, di Amerika Serikat masuknya jam 09.00 pulangnya jam 15.00. Sama-sama belajar selama 6 jam, tidak ada bedanya. Nah bagaimana, bersyukur kan tinggal di Indonesia?

Loading...

PERLU UNTUK DIBACA:

Minum teh setelah makan, baik atau buruk untuk kesehatan?

5 Olahraga yang bisa dilakukan di kantor

Riset membuktikan orang yang paling sehat lahir di bulan Mei

BACA JUGA:

VIDEO: Einstein menari hebohkan pengguna Facebook

10 Fakta tentang Einstein yang tidak kamu ketahui

Ini dia cerita di balik foto Einstein menjulurkan lidah

Perlu nggak sih cuci tangan, meski tangan terlihat bersih

Hindari menyentuh 5 bagian tubuh ini dengan tangan

VIDEO: Bejo banting tulang saban hari demi impian punya tangan palsu

Kuat tidaknya jabatan tangan bisa prediksi resiko serangan jantung