Brilio.net - Taman Dolores yang terkenal di San Fransisco menyediakan tempat buang air kecil terbuka di tengah taman. Langkah terbaru itu dilakukan untuk mengatasi buang air kecil sembarangan di fasilitas umum yang sering dilakukan para pria.

Tempat buang air kecil ini berbentuk lingkaran dan tidak memiliki atap serta pintu. Namun, di sekitar sarana ini disediakan tanaman untuk memberikan sedikit privasi. Adanya tempat buang air kecil terbuka ini disambut dengan baik oleh warga sekitar. Pasalnya, hanya ada tiga toilet di Taman Dolores sehingga banyak dari mereka yang 'kebelet' akhirnya buang air kecil sembarangan di semak-semak, pepohonan sampai bangunan yang ada di sekitar taman. Tempat buang air kecil terbuka untuk mengatasi masalah pipis sembarangan itu merupakan inovasi di Taman Dolores setelah 60 tahun tidak ditambahkan fasilitas apa pun.

BACA JUGA: Universitas ini ciptakan toilet tanpa air berteknologi nano

Selama ini, San Fransisco memang dikenal sebagai kota yang sering bermasalah dengan kasus kencing sembarangan. Pada 2002, pemerintah kota telah membuat kebijakan denda USD 500 bagi mereka yang kencing sembarangan. Namun, hal itu tidak berpengaruh karena kasus yang sama tetap banyak terjadi.

Musim panas lalu, kota San Fransisco mengecat 30 dinding di tempat umum dengan cat yang bisa membuat urine tersemprot kembali kepada mereka yang buang air kecil sembarangan.

"Taman Dolores menunjukkan peningkatan jumlah pengunjung. Pada akhir pekan seperti hari Sabtu, dari yang tadinya 7.000 pengunjung menjadi 10.000 orang. Salah satu tujuan renovasi taman adalah dengan menjaga kebersihan dari sampah dan isu buang air kecil sembarangan yang merajalela di taman," kata Sarah Madland, juru bicara San Francisco Recreation and Park Department.

Seiring dengan adanya tempat buang air kecil terbuka di tengah taman ini, para petugas yang berjaga di 10 toilet umum juga akan mendorong orang-orang untuk menggunakannya. Mereka juga bertugas untuk membersihkan dan mengisi persedian kembali serta memastikan orang-orang yang menggunakan tidak dalam pengaruh obat ataupun malah tidur di toilet.