×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Penguin yang dikenal hewan Kutub, hidup di Jogja pakai AC

View Image

0

BRILIO » News

Penguin yang dikenal hewan Kutub, hidup di Jogja pakai AC

Penguin yang ada di GL Zoo sejak Mei 2014 itu adalah penguin Afrika atau biasa disebut dengan Penguin Jackass.

26 / 08 / 2015

Brilio.net - Penguin merupakan hewan akuatik jenis burung yang banyak hidup di belahan bumi selatan. Umumnya, orang mengetahui jika habitat penguin ada di Kutub atau tempat yang sangat dingin. Tapi tahukah kamu jika penguin ternyata juga bisa hidup di Indonesia yang mempunyai iklim tropis?

Ya, lima penguin yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka atau biasa disebut Gembira Loka Zoo (GL Zoo) menjadi bukti jika penguin ternyata tak hanya bisa hidup di daerah yang mempunyai suhu sangat dingin.

Josep Kurniawan, Manager Marketing GL Zoo mengungkapkan bahwa penguin yang ada di GL Zoo sejak Mei 2014 itu adalah penguin Afrika atau biasa disebut dengan Penguin Jackass. Bentuknya memang tak bisa sebesar penguin yang hidup di kutub. Penguin tersebut merupakan hibah dari Singapura Zoo.

"Surplusnya penguin Afrika di sana membuat mereka menghibahkan beberapa untuk GL Zoo setelah melihat perkembangan yang baik dari GL Zoo lima tahun terakhir," terang Josep kepada brilio.net, Selasa (25/8).

Penguin Jackass merupakan penguin yang hidup di daerah sub tropis dengan iklim sekitar 20 hingga 25 derajat. Oleh sebab itu, iklim Indonesia yang tropis tak menjadi masalah besar untuk memelihara binatang ini. Meski begitu, saat awal sampai di Jogja, penguin itu butuh dua minggu dikarantina untuk menyesuaikan diri dengan iklim baru.

Loading...

Untuk mendukung keberadaan penguin tersebut, kandang penguin telah dilengkapi dengan pendingin udara (Air Conditioner/AC), filter air, pompa air khusus, serta pengecekan PH, kadar klorin, dan kualitas air.

Kandang indoor yang ber-AC berukuran 3 x 4 meter, sedangkan kandang outdoor berukuran 4 x 6 meter dengan sedikit terbuka sehingga terkena sinar mentari. Jika saat berjemur di ruang outdoor merasakan tubuhnya gerah, maka penguin-penguin itu akan turun ke air dan berenang menuju kandang indoor. Kandang penguin ini terletak di samping kandang burung pecuk hitam di zona Taman Burung atau Bird Park GL Zoo.

Menurut Josep, penguin yang ada di GL Zoo memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Umumnya mereka penasaran ingin melihat secara langsung penguin yang biasanya hanya mereka lihat di layar TV.

Tertarik untuk melihat secara langsung Penguin Jackass?







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more