Mengendarai motor saat hujan sangat berbeda dengan berkendara saat cuaca cerah. Saat hujan mengguyur dan jalanan basah bisa berakibat fatal jika tidak berhati-hati. Jarak pandang yang terbatas membutuhkan konsentrasi ekstra saat mengemudi. Berikut ini adalah beberapa hal sepele yang sebaiknya tidak dilakukan oleh pengendara motor saat hujan  

1. Membiarkan jas hujan atau mantel berkibar-kibar
Jika berkendara seorang diri, sebaiknya duduki sisa mantel dibelakang kita. Mantel yang berkibar-kibar dikhawatirkan akan terbelit di jeruji roda motor dan dapat menyebabkan kecelakaan. Selain itu mentel dapat menyambar pengendara motor lainnya.

2. Memakai payung saat berkendara

Pengendara motor, jangan lakukan hal ini ketika hujan!

Masih sering kita temui beberapa pengendara motor memakai payung saat hujan padahal hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena sangat berbahaya. Konsentrasi jelas akan berkurang, karena kita malah akan fokus memegang  payung daripada memegang kemudi. Lebarnya payung juga dapat mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya  

3. Berhenti mendadak untuk memakai mantel di jalan
Jika sedang berada di jalan raya dan tiba-tiba hujan, kita tidak bisa sembarangan mendadak menepi dan berhenti untuk memakai mantel. Situasi jalan raya yang biasanya sangat ramai dan kendaraannya berjalan dengan kecepatan tinggi akan membahayakan diri kita sendiri.

Dikhawatirkan jika kita mendadak menepi dan berhenti akan mengagetkan pengendara di belakang kita dan menabrak kita dari belakang  

4. Berhenti untuk berteduh di bawah pohon
Jangan sekali-kali lakukan hal ini, sudah banyak kasus kematian yang terjadi akibat kelalaian yang satu ini. Kita tidak pernah tahu seberapa tua pohon tempat kita berteduh.

Jika angin kencang menerpa dan akar pohon tidak kuat menopang maka pohon akan tumbang dan menimpa kita dibawahnya. Oleh karena itu jika tidak membawa mantel dan akan berteduh pilih tempat yang sekiranya aman.   

5. Melepas sepatu
Umumnya orang sayang jika sepatunya kehujanan, mereka lebih memilih untuk melepasnya dan bertelanjang kaki. Padahal tindakan tersebut sangat berbahaya. Bisa saja kaki akan terluka akibat terkena batu atau pecahan kaca di bertebaran di jalanan.  

6. Melipat celana
Melipat celana saat hujan sudah menjadi kebiasaan dalam diri kita. Mungkin memang terdengar sangat sepele, namun hal tersebut sebenarnya dapat membahayakan kaki kita.

Pertama, kaki bisa melepuh terkena panasnya mesin. Kedua, jika terjadi kecelakaan maka kaki jadi tidak terlindungi dan kemungkinan terluka sangat besar.

7. Nekat 

Pengendara motor, jangan lakukan hal ini ketika hujan!

Jika hujan turun dengan lebat apalagi disertai dengan angin, lebih baik kita tunda niat bepergian. Hujan yang sangat lebat akan membuat pandangan menjadi sangat terbatas. Jika tidak berhati-hati maka akan berakibat sangat fatal.

Di samping itu, hujan yang lebat biasanya akan menyebabkan banjir. Jika kita nekat menembus banjir, maka dapat dipastikan justru akan membuat motor mogok.  

Itulah beberapa hal sepele yang sebaiknya tidak dilakukan pengendara motor saat hujan. Jadilah pengguna jalan yang bijak.