Brilio.net - Bullying atau bully dapat diartikan sebagai suatu tindakan mengancam yang dilakukan seseorang terhadap orang lain yang dapat menyebabkan tekanan psikis. Kenyataan miris yang tidak dapat dipungkiri adalah bullying sering terjadi di sekolah dan dilakukan oleh anak-anak. Mengingat besarnya dampak negatif dari bullying terhadap kondisi psikis anak, maka semua pihak patut memerangi tindak bullying.

House of Care (HoC), merupakan salah satu komunitas yang diusung mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yakni Adrian Adzanas, Bryan Bimantoro, Maitsa Putri Shafa, dan Santhy Widya Anggraeni serta dosen pembimbing, Sugito. HoC menjadi komunitas pertama di Jogja yang peduli dan mengambil peran untuk memerangi bullying. HoC menampung segala bentuk laporan bullying yang kemudian akan dianalisis dan ditindak lanjuti.

Menariknya, HoC tidak hanya diurusi oleh mahasiswa saja, HoC merangkul siswa sebagai bagian dari HoC demi memerangi bully. Saat ini HoC bekerja sama dengan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, ada sekitar 19 anggota HoC yang merupakan siswa.

HoC berpikir bahwa peran anak-anak dianggap penting dalam memerangi bullying sebab anak-anaklah yang sering menjadi korban dan pelaku, sehingga sekarang anak-anak harus diberi pemahaman bahwa bullying adalah sesuatu yang keliru dan harus diberantas bersama. HoC melatih para siswa tersebut untuk tanggap terhadap setiap laporan bullying.

"Sudah ada beberapa siswa yang melapor ke HoC dan sekarang sedang dalam tahap analisis," ujar Brian kepada brilio.net, Senin (25/5).

Selain merangkul anak-anak sebagai bagian memerangi bullying, HoC juga bekerja sama dengan Lembaga Perlindungan Anak Yogyakarta dalam upaya untuk menindak lanjuti permasalahan-permasalahan perihal bullying.

"Kami berkunjung ke kelas siswa dan mengajak mereka bermain bersama untuk memperkenalkan HoC, sehingga mereka merasa dekat dan tidak sungkan untuk berdiskusi dengan kami apabila ada permasalahan," lanjut Brian.

Diharapkan keberadaan HoC akan memberikan dampak positif yang besar, sehingga anak-anak Indonesia benar-benar tidak lagi mengalami bullying.

BERITA TERKAIT:

Mimpi mahasiswa UMY perangi bullying di sekolah-sekolah Indonesia, top!