Brilio.net - Mempelajari budaya negeri orang memang terkadang mengejutkan. Bahkan bisa terjadi di luar dugaan. Hal yang sama juga pernah dirasakan oleh Mirza Maulana (22) saat ke Jepang. Pada 2014, mahasiswa ISI Jogja ini mengikuti Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths (JENESYS).

Melalui program tersebut, Mirza diharuskan tinggal di Jepang selama dua minggu. Minggu pertama, dia dan 20 orang lainnya belajar tentang pop culture di Kota Tokyo, termasuk anime. Sedangkan di minggu keduanya, dia mendapatkan tugas untuk mempelajari budaya Jepang di Nagano, terletak di sebelah utara Tokyo.

Saat berada di Nagano, dia tinggal bersama host family. Jadi, dia diajarkan kehidupan sehari-hari yang orang Jepang lakukan, mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Tiba-tiba saja, ada pengumuman kalau semua peserta JENESYS harus menikmati sensai onsen atau mandi air panas.

“Ya, saya sangat excited karena pertama kali, dan di Jepang lagi,” tuturnya kepada brilio.net melalui sambungan bebas pulsa 0800-1-555-999, Sabtu (5/12).

Mirza dan teman lainnya kemudian dibawa ke sebuah hotel tradisional di daerah Nagano. Ada yang membuatnya kaget adalah peraturan saat onsen. “Kami diharuskan telanjang, pakai celana dalam saja tidak boleh,” jelasnya.

Loading...

Mirza Jepang 1 © 2015 brilio.netFoto: Mirza Maulana

Mau tidak mau, dia harus melakukannya karena memang budayanya seperti itu. Sempat dia merasakan aneh sendiri meski cowok dan cewek tidak dicampur. “Kami baru kenal seminggu, jadi aneh aja kalau telanjang bareng,” terangnya.

Setelah melepas pakainnya, dia harus bilas terlebih dahulu. “Saat bilas kami cepet-cepet, terus langsung masuk kolam,” akunya. Baru kemudian dia mandi di air panas.

Meski agak kaget, dia puas dengan onsen pertama kalinya. Apalagi saat itu Jepang sedang peralihan dari musim dingin ke musim semi. “Jadi saljunya masih ada menutupi bukit-bukit,” tegasnya.

Setelah tiga puluh menit beredam, kemudian dia kembali lagi rumah host familiynya. Dia mengakui bahwa mandi air panas bisa membuat badan rileks dan tidur lebih nyenyak.

Jadi jangan kaget ya saat onsen di Jepang!

Cerita ini disampaikan Mirza melalui telepon bebas pulsa Brilio.net di nomor 0-800-1-555-999. Semua orang punya cerita. Ya, siapapun termasuk kamu punya kisah tersembunyi baik cerita sukses, lucu, sedih, inspiratif, misteri, petualangan menyaksikan keindahan alam, ketidakberuntungan, atau perjuangan hidup yang selama ini hanya kamu simpan sendiri. Kamu tentu juga punya cerita menarik untuk dibagikan kepada kami. Telepon kami, bagikan ceritamu!