Brilio.net - Masih berstatus mahasiswa tak perlu mengeluh masalah keuangan. Kamu bisa mendapatkan banyak penghasilan dari beberapa contoh pekerjaan berikut. Kuncinya adalah kamu harus mau sungguh-sungguh dalam berusaha, karena pasti ada jalan keluar dari kesulitan keuanganmu.

Selain kamu bisa mendapatkan uang, pekerjaan berikut juga merupakan jenis-jenis pekerjaan yang tidak melenceng jauh dari status mahasiswa. Bisa jadi ilmu yang kamu dapat di bangku kuliah bisa bermanfaat di pekerjaan sampingan ini. Apa saja ya? ini dia yang berhasil brilio.net kumpulkan dari berbagai sumber:

1. Surveyor

Pekerjaan keren ini bisa dilakoni meski masih berstatus mahasiswa

foto: aboutuganda.com

Loading...

Baik dari kampusmu sendiri ataupun dari lembaga-lembaga di luar kampus sering ada tawaran menjadu surveyor. Pekerjaan ini sebenarnya membutuhkan waktu tinggal dalam beberapa hari bahkan sampai berminggu-minggu di satu lokasi. Namun penghasilannya cukup banyak, rata-rata berkisar 50-150 ribu perharinya di luar akomodasi.

Tentu saja cukup menjanjikan bagi kamu yang masih mahasiswa, tapi karena memerlukan waktu yang cukup lama sebaiknya dilakukan saat liburan kuliah atau ketika merampungkan skripsi.

2. Asisten peneliti

Pekerjaan keren ini bisa dilakoni meski masih berstatus mahasiswa

foto: inspirasimaru.blogspot.com

Asisten peneliti juga hampir sama dengan surveyor. Tugas kamu adalah mendampingi peneliti, bisa dosenmu atau mahasiswa kakak tingkatmu yang sedang melakukan penelitian. Jam kerjanya  tergantung peneliti, begitu pula detil tugasnya. Tetapi penghasilannya juga cukup lumayan lho, biasanya dibayarkan setelah selesai penelitian.

3. Translator

Pekerjaan keren ini bisa dilakoni meski masih berstatus mahasiswa

foto: englishlanguageguide.com

Translator juga pekerjaan yang cukup keren, sebab output yang dapat kamu hasilkan bisa berupa buku. Walaupun untuk bisa jadi buku dibutuhkan kerja keras dan cermat. Jika tidak kamu juga bisa aja jadi translator untuk mahasiswa lain yang mendapatkan tugas makalah dengan referensi bahasa Inggris. Per lembar bisa dihargai Rp 10-25 ribu lho.

4. Penulis Lepas

Pekerjaan keren ini bisa dilakoni meski masih berstatus mahasiswa

foto: penulispro.net

Kemajuan teknologi informasi patut kamu apresiasi. Saat ini serba-serbi informasi bisa didapat dari banyak sumber, baik online maupun cetak. Kebanyakan mereka juga bersaing, dan berusaha mendekatkan diri dengan pembaca. Nah, ini merupakan peluang buat kamu untuk jadi kontributor lepas sebuah media.

5. Party planner

Pekerjaan keren ini bisa dilakoni meski masih berstatus mahasiswa

foto: entrepreneur.bisnis.com

Party planner juga bisa melatihmu jadi event organiser yang andal guys. Kamu tawarkan jasa party planner saja ke teman-temanmu. Siapa tahu ada di antara mereka yang akn merayakkan ulangtahun atau perpisahan pascawisuda.  Kamu bisa dapat komisi dari jasamu itu.

6. Penjual buku-buku langka

Pekerjaan keren ini bisa dilakoni meski masih berstatus mahasiswafoto: bangakrie.wordpress.com

Kamu yang suka membaca bisa menyalurkan hobimu itu untuk mencari buku-buku langka. Buku-buku cetakan lama, bahkan buku-buku yang belum ada edisi bahasa Indonesia bisa kamu cari kemudian kamu kasih bocoran sinopsisnya sebelum kamu jual. Siapa tahu ada yang tertarik dengan hasil sinopsismu itu, bukunya bisa dijual dengan harga di atas harga normal. Tertarik guys?

7. Blogger

Pekerjaan keren ini bisa dilakoni meski masih berstatus mahasiswa

foto: barracuda.digital

Blogger juga sangat menjanjikan asalkan produksi artikelmu konsisten. Google menyediakan layanan google-adsense yang akan memfasilitasimu dengan sejumlah uang ketika kamu mau mengizinkan google untuk menaruh iklan di halaman blogmu. Tentu saja blogmu harus banyak pengunjung dulu, salah satunya adalah konsistensi kamu dalam merilis artikel. Coba guys, pendapatanmu bisa sangat besar dengan pekerjaan ini.