Brilio.net - Apa yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar kata korupsi? Korupsi, topik yang sangat mudah kamu saksikan dan nikmati di layar kaca, apalagi menyangkut tindak pidana korupsi yang dilakukan pejabat-pejabat di Indonesia. Kepedulian gerakan antikorupsi di indonesia sudah banyak digalakkan, terutama dalam mendukung kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tema Korupsi di kalangan anak muda memang terasa sangat berat. Itu sebabnya belum banyak anak muda yang berkecimpung di kegiatan antikorupsi."Organisasi dengan topik korupsi memang jarang digemari anak muda, soalnya banyak dari mereka yang mencari komunitas yang fun dan sebagainya," kata Diah Tri Wahyu Nur Utami (21) koordinator Future Leader for Anti Corruption (FLAC) INDONESIA Chapter Malang kepada brilio.net Jumat (18/12).

Peduli korupsi, anak muda di Malang ini blusukan ke Sekolah Dasar


Diah sapaan akrabnya menuturkan, FLAC Indonesia Chapter Malang memiliki 9 orang pengurus harian, dan sekitar 18-20 orang volunteer. Flac Malang salah satu regional dari 8 regional Flac Se-Indonesia. Flac Malang kurang lebih hampir 2 tahun hadir turut menggalakkan kepedulian antikorupsi di daerah Malang Raya.

"Kita ada agenda bulanan, seperti mengunjungi adik-adik sekolah dasar (SD) demi menanamkan pengetahuan antikorupsi sejak dini," kata dia.Tak hanya sekali, lanjut Diah, kadang mereka melakukan follow up kegiatan sebelumnya.

Meskipun begitu, tiap sekolah yang di datangi memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Ada yang gampang, ada juga sekolah yang meminta surat izin dari diknas setempat.

Menurutnya, selain menyambangi sekolah dasar, Flac Malang juga mendatangi beberapa panti asuhan untuk menanamkan nilai antikorupsi. Ada juga festival ayojujurker, di mana terdapat pameran foto, seminar juga yang membahas topik antikorupsi. Selain itu juga turut menggalakkan Laskar Antikorupsi di Kota Malang. Gimana? Kamu tertarik bergabung?