×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Passing grade SBMPTN bukan patokan untuk diterima atau tidak

0

BRILIO » News

Passing grade SBMPTN bukan patokan untuk diterima atau tidak

Pihak panitia SBMPTN maupun universitas terkait tidak pernah mengeluarkan yang namanya passing grade.

18 / 04 / 2015

Brilio.net - Toni: Bro, kamu mau ambil jurusan apa SBMPTN nanti?
Irwan: Teknik Informatika ITB dong bro.
Toni: Wah gila kamu, itu kan tinggi banget passing grade-nya, emang kamu yakin masuk sana?
Irwan: Yakin dong bro, kan aku udah belajar sejak setahun yang lalu.

Sering kita dengar percakapan anak SMA seperti di atas yang ribut soal passing grade Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di lembaga bimbingan belajar. Ada yang menganggapnya bercanda namun tak jarang juga yang menanggapinya dengan serius. Lalu sebenarnya apa sih passing grade itu?

Passing grade merupakan ukuran standar atau patokan nilai peserta tes SBMPTN apakah bisa masuk jurusan yang dipilihnya atau tidak. Passing grade ini berbeda setiap tahunnya karena sifatnya yang dinamis mengikuti jumlah pendaftar setiap tahunnya. Namun tetap saja jurusan-jurusan seperti pendidikan dokter, hukum, manajemen dan teknik informatika memiliki passing grade yang amat tinggi mencapai lebih dari 55% setiap tahunnya.

Yang jadi masalah sebenarnya adalah passing grade itu valid atau tidak sih? Karena setelah ditelusuri, ternyata pihak panitia SBMPTN maupun universitas terkait tidak pernah mengeluarkan yang namanya passing grade. Selama ini proses penghitungan lulus atau tidaknya peserta SBMPTN tidak pernah dikuak ke publik.

Lalu siapakah yang mempopulerkan passing grade ini? Ya mereka adalah bimbingan belajar. Passing grade ini dibentuk melalui data kelulusan setiap tahunnya dari siswanya. Oleh karena itu, kadang passing grade antara lembaga bimbingan belajar satu sama lainnya tidak sama.

Passing grade ini berguna untuk mengukur kemampuan siswa dari setiap try out yang mereka selenggarakan. Dengan begitu siswa bisa diarahkan mau mengambil jurusan apa yang sesuai dengan kemampuannya.

Lalu sebagai siswa peserta SBMPTN harus percaya gak sih sama hasil passing grade? Semua itu kembali ke siswanya karena memang tidak ada penjelasan pasti mengenai passing grade ini. Yang jelas passing grade ini bisa dijadikan acuan untuk terus berkembang dan bersemangat belajar soal-soal SBMPTN.




Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more