Brilio.net - Apa yang ada di pikiranmu saat mendengar nama Sumber Kencono? Pasti kebanyakan dari kamu berpikiran bahwa itu adalah nama sebuah bus. Sementara buat kamu penikmat musik, pasti sudah ada yang mengetahui bahwa itu adalah nama sebuah band asal Kota Malang, Jawa Timur.

Sumber Kencono merupakan sebuah grup musik beranggotakan empat mahasiswa, Brian (vokalis), Susan D Candra atau Sokran (gitaris), Ilham (bassis), dan Hamzah pada perkusi. Grup ini bisa dibilang memiliki banyak sekali keunikan, salah satunya dalam masalah pemilihan alat musik.

Pakai ember sebagai alat musik, band ini justru ngetop

Pakai ember sebagai alat musik, band ini justru ngetop

Di kala semua band modern menggunakan alat musik mainstream dalam pertunjukan mereka, Sumber Kencono malah mencoba menggunakan alat musik yang terbuat dari ember. "Awalnya pakai ember untuk memenuhi kebutuhan perform akustik. Sudah coba pakai kajon tapi musiknya kurang blast, jadi terus pakai ember kemudian perform di festival musik dan juara 1 waktu itu, akhirnya tanpa sadar orang-orang mengindentikkan kita dengan ember," ujar Hamzah pada brilio.net, Rabu (15/4).

Loading...

Penggunaan instrumen ember ini terbukti mampu mencuri perhatian banyak penikmat musik, termasuk para musisi andal sekelas Adi Darmawan (bassis jazz internasional), Koko Harsoe (gitaris jazz internasional), dan juga penyanyi dan pencipta lagu Trie Utami yang pada bulan Maret lalu menjadi juri untuk sebuah lomba aransemen musik. Lomba yang diadakan oleh komunitas pecinta Leo Kristi tersebut melibatkan peserta nasional di mana hanya dipilih 10 finalis untuk melaju ke final di Cibubur.

Pada babak final, ternyata keunikan band ini berhasil membuat para juri dan penonton terkagum dan akhirnya band ini menjadi berhasil menjadi juara di kompetisi tersebut. "Waktu kompetisi di Cibubur kita personelnya paling sedikit, cuma 4 orang. Padahal yang lain lebih dari 8 orang dengan alat musik lengkap pakai saxophone dan lainnya. Tapi ketika diumumin sama mbak Iie' ternyata kita menang," cerita Sokran dan Brian.

Band yang baru saja mengadakan launching album pertama bertajuk 'Keluarga Bahagia' ini memang tidak main-main dalam menggarap sebuah musik. Dengan komposisi pas dari personelnya yang memiliki background yang beragam dari bidang kesenian tradisional, musik modern, hingga paduan suara, ditambah dukungan dari sang manager (Ryan) yang sudah banyak mendampingi band-band populer di Jawa Timur, Sumber Kencono yakin mereka bisa selalu menghibur para penikmat musik dengan keunikan mereka.

Penasaran dengan hasil musik mereka? Ini dia videonya.