Brilio.net - Siapa sih yang nggak kenal dengan Prancis? Negara ini menjadi amat terkenal dan dijadikan salah satu tempat impian berwisata karena keberadaan Menara Eiffel. Banyak film dan sinetron Indonesia yang mengandalkan menara ini sebagai background untuk menguatkan suasana romantis. Namun tahukah kamu hal-hal menarik lainnya dari negara ini, selain Menara Eiffel-nya?

Pahami hal-hal ini sebelum kamu ke Prancis, biar tak repot di sana

Pahami hal-hal ini sebelum kamu ke Prancis, biar tak repot di sana

Nah buat kamu yang mencantumkan Prancis sebagai daftar destinasi liburan, perlu banget tahu hal-hal itu. Berikut 5 hal menarik lainnya dari Prancis yang dirangkum brilio.net saat berbincang dengan traveler yang pernah ke Prancis, Faras Noer Anniza, Kamis (14/5).

1. Sebagian besar penduduk Prancis asli tidak bisa berbahasa Inggris
Jangan heran ya, bila kamu berkunjung ke Prancis tapi tidak ada yang ngerti omonganmu. Bahkan di tempat wisata yang jadi surganya turis pun, mereka tak mampu bercakap bahasa Inggris. Banyak di antara mereka yang langsung memalingkan muka saat diajak ngomong bahasa Inggris.

Nasionalisme yang sangat tinggi membuat hampir sebagian besar penduduk asli Prancis tidak bisa berbahasa Inggris. Alasan lainnya adalah adanya masa lalu yang kelam dengan bangsa Inggris. Hal ini pastinya akan menyusahkan turis-turis asing termasuk kamu yang hendak berkunjung ke Negara Mode ini.

Supaya kamu nggak terlalu kaget, persiapkan kamus percakapan sehari-hari bahasa Prancis jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatanmu. Cara itu lebih baik untuk dilakukan dari pada kamu harus mempergunakan bahasa isyarat saat memesan makanan.

2. Bahasa Belanda dan Jerman jadi mata pelajaran muatan lokal wajib
Buat kamu yang tak hanya ingin sekedar melancong, tetapi juga untuk meneruskan pendidikan sebaiknya berpikirlah dua kali sebelum benar-benar menginjakkan kaki untuk waktu yang lama di Prancis. Selain karena bahasa komunikasi yang susah, di sana kamu juga harus mempelajari bahasa lainnya, yaitu Bahasa Belanda dan Jerman. Namun hal itu bukan jadi masalah buat kamu yang gila belajar bahasa asing.

3. Prancis mengenal jam malam
Tak hanya kos-kosan lho yang mengenal jam malam. Di Prancis juga menerapkan jam malam untuk mengakhiri segala aktivitas. Kereta yang melintas di negara itu juga berakhir pada pukul 12.00 tengah malam.

Lewat tengah malam, suasana di Prancis begitu sepi mencekam. Tak seperti di jalanan Indonesia yang masih sering dilewati satu dua kendaraan. Di sana juga amat jarang ditemukan minimarket maupun kafe yang buka 24 jam. Jadi buat kamu yang berencana main ke Prancis, harus hati-hati ya bila pulang lewat tengah malam.

4. Kotanya tidak bersih
Kebersihan kota-kota di Perancis hampir sama lho dengan kota-kota di negara kita. Banyaknya anak-anak jalanan membuat sudut kota jadi jorok dan tak terawat. Bahkan di lorong bawah tanah tempat pemberhentian kereta pun tercium bau pesing yang sangat menyengat.

Seringkali para tuna wisma itu membuang air kecil di belakang ruang tunggu kereta. Bahkan ada yang sangat jorok dan berani pipis tepat di ruang itu. Hal itu yang membuat turis-turis enggan masuk bahkan duduk di ruang tunggu yang lebih berasa WC itu.

5. Bayar taksi pakai kartu kredit
Terhentinya kereta beroperasi lewat tengah malam, membuat turis dihadapkan dua pilihan untuk dapat kembali ke tempat penginapan. Ya, cuma bisa memilih antara jalan kaki atau naik taksi. Untuk suasana kota yang sudah sangat sepi, jalan kaki bukan pilihan terbaik untuk pulang.

Sedihnya, untuk bisa memesan taksi via telepon, turis harus membayar terlebih dahulu ongkosnya dengan kartu kredit. Kondisi ini sangat berbeda dengan di Indonesia yang memakai sistem bayar di belakang. Apalagi tak bisa pakai uang cash. Rasanya pasti kaget kan? Dari pada pusing begitu, lebih baik dari awal merencanakan untuk jalan-jalan tak sampai tengah malam, bukan?