Brilio.net - Pada 19 April 1775 terjadi perang kemerdekaan Amerika Serikat atau yang biasa disebut Perang Revolusi. Perang ini adalah perang yang terjadi antara Kerajaan Britania Raya (sekarang Inggris) dengan Amerika Serikat yang baru saja berdiri sebagai sebuah negara.

Saat itu titik ketegangan antara Amerika Serikat dengan Inggris mencapai puncaknya terutama di daerah Massachusetts, di mana para pemimpin Patriot AS membentuk pemerintahan revolusioner dan milisi yang dilatih untuk mempersiapkan konflik bersenjata dengan tentara Inggris yang saat itu menduduki Boston.

Jenderal Thomas Gage, gubernur Inggris yang menduduki Massachusetts, menerima instruksi dari Inggris untuk merebut semua toko senjata dan mesiu yang diakses oleh pemberontak Amerika. Pada tanggal 19 April, ia memerintahkan pasukan Inggris untuk berbaris melawan pasukan AS di Concord dan menangkap pemimpin Patriot Samuel Adams dan John Hancock, diketahui bersembunyi di Lexington. Pertempuran pun terjadi dan pasukan AS berhasil mengalahkan pasukan Inggris.

Hampir 300 tentara Inggris telah tewas, terluka, atau hilang dalam aksi. Patriots menderita kurang dari 100 korban. Pertempuran Lexington dan Concord adalah pertempuran pertama Revolusi Amerika. Konflik yang akan meningkat dari pemberontakan kolonial menjadi perang dunia itu, tujuh tahun kemudian melahirkan Amerika Serikat yang independen.

Loading...