Brilio.net - Tahukah kamu, tepat 119 tahun silam kejuaraan multicabang olahraga, Olimpiade, digelar kembali setelah 1.500 tahun dilarang oleh Kaisar Romawi Theodosius I. Kota Athena di Yunani dipilih sebagai lokasi pelaksanaan tradisi lama dari Yunani kuno ini.

Olimpiade modern pertama itu diikuti oleh 13 negara dan disaksikan 60.000 penonton. Event spesial ini dibuka langsung oleh Raja Yunani Georgios I.

Sebanyak 280 atlet ikut ambil bagian dalam cabang olahraga renang, senam, bersepeda, gulat, angkat besi, anggar, menembak, dan tenis. Uniknya, hanya atlet pria yang boleh ambil bagian dalam Olimpiade ini. Lebih unik lagi, beberapa turis yang datang dan merasa mampu berkompetisi, diizinkan untuk mendaftar.

Beberapa cabang olahraga dipertandingkan di Stadion Panathenaic yang dibangun pada 330 SM dan dibangun ulang demi Olimpiade ini. Olimpiade ini terselenggara atas inisiasi Presiden International Olimpyc Comitee (IOC) kala itu, Pierre de Coubertin yang punya tekad kuat untuk mempopulerkan lagi kompetisi akbar ini di tengah minimnya dukungan yang didapat.

Kini Olimpiade menjadi tradisi yang digelar setiap 4 tahun sekali. IOC sebagai penyelenggara resmi membagi Olimpiade menjadi dua yaitu Olimpiade musim panas dan Olimpiade musim dingin. Ribuan atlet pria dan wanita dari hampir semua negara di dunia berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini, termasuk Indonesia.

Loading...