Brilio.net - Tanggal 2 Mei menjadi hari istimewa bagi Dunia Pendidikan Indonesia. Tanggal tersebut bertepatan dengan lahirnya sosok yang mengenalkan pendidikan kepada masyarakat pribumi Indonesia di masa Kolonial Belanda, Ki Hadjar Dewantara. Atas jasanya tersebut setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya yang tinggal di Yogyakarta. Kala itu dia menentang kebijakan Pemerintah Kolonial Belanda yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda dan orang-orang kaya bersekolah. Penentangan tersebut membuatnya diasingkan ke Belanda pada tahun 1913 sampai tahun 1919.

Sepulangnya dari Belanda, Ki Hadjar Dewantara tanggal 3 Juli 1922 mendirikan Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa atau Perguruan Nasional Tamansiswa. Atas jasa-jasanya dalam merintis pendidikan, ia diangkat menjadi Menteri Pendidikan pertama di Indonesia. Ia juga dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan hari kelahirannya dijadikan Hari Pendidikan Nasional (Surat Keputusan Presiden RI no. 305 tahun 1959, tanggal 28 November 1959).

Hardiknas bukan merupakan hari libur nasional, namun perayaannya diselenggarakan di seluruh institusi pendidikan di Indonesia yang ditandai dengan upacara bendera.