Brilio.net - International Committee of the Red Cross (ICRC) atau Komite Palang Merah Internasional adalah sebuah lembaga kemanusiaan swasta yang dibentuk karena terispirasi dari gagasan Jean Henry Dunant. Pada 1859, pengusaha dan aktivis sosial berkewarganegaraan Swiss tersebut dalam perjalanan bisnis ke Solferino, Italia, lalu menyaksikan banyak korban perang yang membuatnya miris. Pengalaman itu ia tulis dalam sebuah buku berjudul A Memory of Solferino.

Buku tersebut menggambarkan betapa kacau balaunya keadaan yang ditimbulkan akibat perang Solferino tersebut. Dalam buku itu pula ia mengemukakan gagasan perlunya dibentuk sebuah organisasi netral untuk memberikan perawatan kepada para prajurit yang terluka di medan perang.

Untuk merealisasikaan gagasan tersebut, Dunant akhirnya berkeliling Eropa. Gagasan yang ia kemukakan ternyata mendapat banyak sambutan positif termasuk dari Presiden Geneva Society for Public Welfare yang akhirnya membentuk komite yang terdiri dari lima orang, yaitu Gustave Moynier, Henri Dufour, Louis Appia, Theodore Maunoir dan Henry Dunant sendiri.

Akhirnya pada 17 Februari 1863, terbentuklah ICRC. ICRC sekarang bermarkas di Jenewa, Swiss. Gerakan Palang Merah sendiri sekarang sudah menyebar ke seluruh negara-negara di dunia dan berhasil membuktikan bahwa lembaga ini sangat berperan dalam misi kemanusiaan global. Untuk menghormati Peran Jean Henry Dunant dalam berdirinya ICRC, maka setiap tanggal 8 Mei yang bertepatan dengan tanggal lahirnya dirayakan sebagai Hari Palang Merah Internasional.

Loading...