Brilio.net - Haji Muhammad Soeharto (HM Soeharto) adalah mantan Presiden Republik Indonesia yang kedua yang menjabat dengan periode terlama yaitu 32 tahun (12 Maret 196721 Mei 1998). Soeharto dilahirkan di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul, DI Yogyakarta pada tanggal 8 Juni 1921.

Presiden dengan gelar Jenderal Besar Purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini oleh masyarakat barat sering disebut sebagai The Smiling General karena raut mukanya yang senantiasa menampilkan senyuman khasnya. Selain itu, meski masih diliputi kontroversi, di juga menyandang gelar Bapak Pembangunan Indonesia karena dalam 32 tahun masa pemerintahannya sukses membangun infrastruktur di Indonesia.

Kontroversi sepertinya selalu melekat dengan sosoknya. Banyak hal-hal negatif di tujukan kepadanya. Beberapa di antaranya adalah dianggap sebagai diktator yang mengekang kebebasan hingga dianggap sebagai rezim paling korup dalam sejarah. Kontroversi itulah yang seperti menutup berbagai jasa-jasanya hingga ide memberikan gelar pahlawan nasional pun masih menjadi perdebatan hingga saat ini.

Soeharto menikah dengan Siti Hartinah atau yang dikenal dengan Ibu Tien Soeharto dan dikaruniai enam orang anak yaitu Siti Hardyanti Hastuti, Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Harijadi, Hutomo Mandala Putra, dan Siti Hutami Endang Adiningsih. Soeharto meninggal di usia 86 tahun pada 27 Januari 2008 di Jakarta.