Brilio.net - Tepat 2 tahun lalu, seorang perdana menteri wanita pertama di Negeri Ratu Elizabeth meninggal dunia di usia 87 tahun karena penyakit stroke. Wanita yang dikenal sebagai Iron Lady atau Wanita Besi tersebut menjabat Perdana Menteri Inggris dari tahun 1979 sampai 1990 dan dicatat sebagai orang yang menjabat Perdana Menteri terlama di Inggris.

Thatcher dikenal sebagai orang yang memprivatisasi industri-industri milik negara. Catatan lain yang akan selalu dikenang dari Thatcher adalah jasanya dalam memenangkan pertempuran di Falkland atau Malvinas melawan Argentina.

Oleh pengagumnya, Si Wanita Besi dipuji sebagai orang yang membawa kebijakan konservatif yang merevitalisasi ekonomi Inggris. Ia juga orang yang memperjuangkan diberlakukannya pasar bebas.

Tapi, Thatcher juga sempat mengalami banjir kecaman. Kebijakannya yang konservatif dalam bidang ekonomi dianggap menyakiti masyarakat kelas bawah di negaranya.

Thatcher juga punya reputasi buruk di bidang sepakbola. Namanya akan selalu dibenci fans Liverpool FC karena dianggap melakukan kebohongan demi kebohongan dalam menutupi kasus Tragedi Hillsborough yang merenggut 96 nyawa pendukung Liverpool.

Loading...