Brilio.net - Tanggal 22 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bumi. Awal mulanya, Hari Bumi dicanangkan oleh seorang dosen lingkungan hidup dan anggota senator Amerika Serikat pada 1970. Hari Bumi dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi.

Peringatan Hari Bumi tanggal 22 April ini sekarang sudah dirayakan 175 negara di berbagai penjuru dunia dan dikoordinasikan secara global oleh Earth Day Network. Earth Day Network sendiri diluncurkan pada 2010 dalam peringatan Hari Bumi yang ke 40.

Dilansir brilio.net dari earthday.org, Rabu (22/4), yayasan Earth Day Network senantiasa mengajak semua masyarakat bergabung menyuarakan perlawanan terhadap perusakan lingkungan oleh manusia. Ajakan-ajakan itu berupa penandatanganan petisi-petisi untuk menanggulangi perubahan iklim, penggunaan energi yang ramah lingkungan dan mencegah pemanasan global

Nah, ternyata Hari Bumi ada dua versi lho! Selain tanggal 22 April, Perserikatan Bangsa-Bangsa juga memperingati hari bumi setiap tanggal 20 Maret yang dicanangkan mulai tahun 1969.

Tapi apapun itu, mari kita jaga bumi tetap lestari sebagai tanggung jawab terhadap anak-cucu kita kelak. Contoh kecilnya sayangi lingkungan dengan tak membuang sampah sembarangan. Setuju?