Brilio.net - Nelson Mandela adalah seorang legenda, seorang ikon untuk sebuah kebebasan dan antirasisme. Tokoh yang dihormati di seluruh dunia ini pada 9 Mei 1994 resmi dilantik menjadi presiden kulit hitam pertama di negerinya, Afrika Selatan (Afsel), sekaligus meruntuhkan politik Apartheid yang mengistimewakan kaum kulit putih di sana.

Mandela yang lahir dengan nama Rolihlahla Mandela pada 18 Juli 1918 mengalami berbagai macam halangan sebelum akhirnya berhasil mengukir sejarah tersebut. Ahli hukum lulusan Fort Hare University dan University of Witwatersrand ini juga pernah dipenjara dan diasingkan selama 27 tahun akibat keberaniannya memperjuangkan keadilan di bawah pemerintahan yang menganut Apartheid.

Bebas pada 1990, ia berhasil melobi Presiden Afsel kala itu, F.W. de Klerk untuk menghapuskan apartheid dan melaksanakan pemilu multiras tahun 1994. Partainya berhasil memenangkan pemilu tersebut dan tokoh yang gemar memakai batik itu akhirnya diangkat menjadi presiden.

Selama hidupnya, Mandela mendapatkan lebih dari 250 penghargaan termasuk Nobel Perdamaian pada 1993. Ia juga mendapatkan respect dan pengakuan dari dunia internasional atas tindakannya menentang Kolonialisme dan Apartheid. Mandela meninggal 5 Desember 2013 di usia 95 tahun.