Brilio.net - Pesawat ulang alik NASA Apollo 13 yang mempunyai misi ke bulan sukses mendarat di bumi setelah mengalami kerusakan sebelum sampai bulan.

Pesawat yang memiliki misi seperti pendahulunya yaitu Apollo 11, yang juga mengalami kebocoran oksigen hingga gagal mencapai bulan.

Diluncurkan pada 11 April 1970 dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat (AS) dengan membawa 3 astronot yaitu James A. Lovell, John L. Swigert, and Fred W. Haise. Misinya adalah mendarat di dataran tinggi Fra Mauro di bulan. Namun 200 ribu mil dari bumi, 1 tangki oksigen meledak.

Akibat ledakan tangki itu, pasokan oksigen, cahaya, listrik dan air dalam pesawat Apollo 13 itu terganggu. Para awak melapor pada stasiun pengendali di bumi dan segera, para tim di bumi berupaya memikirkan langkah penyelamatan untuk membawa pulang para astronot.

Pusat kendali misi memerintahkan awak pesawat untuk mematikan modul perintah Odyssey dan pindah ke modul bulan Aquarius. Para astronot yang dihadapkan dengan masalah besar untuk  menstabilkan pesawat, mengatur pasokan udara, serta menyediakan energi dan bahan bakar untuk masuk kembali ke atmosfer bumi.

Loading...

Beruntung bagi awak Apollo 13, di tengah berbagai kendala yang terjadi, pada 17 april 1970, Pesawat Apollo berhasil mencapai bumi dan mendarat di Samudra Pasifik.