Brilio.net - Nggak ada yang bisa ngalahin rasa kesal gara-gara digigit nyamuk. Nggak cuma bikin bentol-bentol di tangan dan kaki, gigitan nyamuk jenis Aedes Aegypti bahkan bisa bikin kamu terserang demam berdarah. Penyakit ini cukup berbahaya bila nggak ditangani dengan benar, karena bisa mengakibatkan kematian.

Tapi tahukah kamu kalau ternyata nggak semua orang digigit nyamuk? Ada orang yang sama sekali nggak pernah digigit nyamuk, dan sebaliknya ada yang paling sering digigit. Kok bisa begitu? Ya, salah satunya karena fakto jenis golongan darah.

Menurut Elizabeth Tanzim MD, dokter ahli kulit dari Washington DC, Amerika Serikat, seperti dikutip brilio.net dari Cosmopolitan, Selasa (30/6), golongan darah O ternyata merupakan jenis darah yang paling disukai nyamuk. Nah lho!

Penyebab pasti kenapa nyamuk lebih senang menggigit orang dengan golongan darah O, menurut Tanzim, masih belum diketahui secara pasti, sehingga masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Namun yang pasti, fenomena ini disebabkan karena sistem dalam tubuh nyamuk yang membuatnya bisa mendeteksi lewat sekresi kulit, misalnya melalui keringat yang dikeluarkan oleh tubuh manusia. Jika mendeteksi kulit dengan golongan darah favoritnya ini, antena yang ada di kepala nyamuk akan secara otomatis menangkap sinyal sehingga membuatnya langsung terbang menghampiri kulitmu.

Nggak cuma itu, penelitian yang dilakukan di Jepang ini juga mengungkap fakta bahwa selain menandai orang dari sekresi tubuhnya, nyamuk juga mampu menandai mereka yang sedang mengalami menstruasi, ibu hamil, suhu tubuh normal atau tidak. Bahkan jika kamu mengonsumsi alkohol sekalipun, nyamuk bisa mendeteksinya. Hal ini disebabkan karena tubuh kita secara alamiah akan memproduksi bau.

Loading...

Nah, sayangnya nyamuk punya sistem dalam tubuhnya untuk mendeteksi bau dengan memproduksi protein yang berfungsi untuk menangkap dan mengikat senyawa bahan kimia tertentu yang ada di udara. Kulit orang bergolongan darah O sendiri dikenal sangat sensitif, itu makanya kulit mereka gampang membengkak akibat pelepasan sel karena gigitan nyamuk. Nah, kamu golongan darahnya apa?

BACA JUGA:

Ternyata nyamuk suka menggigit orang dengan gen khusus & orang gemuk

Ini 3 bahaya menggunakan lotion antinyamuk bahaya lotion antinyamuk

9 Penjelasan unik tentang mimpi yang pernah kamu alami selama tidur

Santap makanan ini sebelum tidur dipercaya bisa merangsang mimpi indah

Karya-karya luar biasa ini dibuat terilhami mimpi

Bikin anak didik enjoy belajar? Lihat cara Komunitas Saung Mimpi ini