Brilio.net - Bagi kamu yang termasuk generasi 90-an tentu familiar dengan benda bernama kaset. Pada era itu, tentu masih banyak anak muda yang masih gemar mendengarkan dan mengoleksi album kaset pita dari musisi favorit mereka.

Pada tahun 1990 saja, disebutkan bahwa pernah ada 442 juta kaset terjual di pasaran. Namun dengan munculnya teknologi audio digital, seperti compact disc (CD), MP3, dan kebangkitan vinil (piringan hitam) membuat penjualan kaset menurun sangat drastis. Sedihnya, pada tahun 2007 lalu cuma ada 274 ribu kaset saja yang terjual.

Namun ada kabar baik yang baru datang dari Sony. Seperti dilansir brilio.net dari consequenceofsound.net, Selasa (17/3), perusahaan yang berasal dari Jepang itu mengumumkan bahwa akan meluncurkan teknologi teranyar. Produknya adalah kaset pita mutakhir yang bisa menampung data hingga 148 gigabyte per inci, atau 185 terabyte. Artinya pita kaset jenis baru ini bisa menampung sekira 64.750.000 lagu. Wow!

Kabar mengejutkan ini tentunya juga bakal membuat perusahaan Apple waspada. Sebabnya teknologi music player iPod besutan Apple itu kebanyakan hanya bisa menyimpan sampai sekitar ribuan lagu saja.

Teknologi baru Sony itu juga diklaim memiliki sekitar 74 kali lipat dari jumlah data kaset standar. Sebagai perbandingan, pada tahun 2010, sebagian besar kaset standar hanya bisa menyimpan sekitar 29,5 GB per inci persegi. Kaset pita canggih milik Sony ini dikabarkan sudah diresmikan di Konferensi Internasional Magnetics di Dresden.

Nantinya kaset pita canggih itu akan menggunakan sebuah teknik pembentukan ruang hampa jenis baru yang disebut sebagai sputter deposition, untuk menciptakan sebuah lapisan kristal magnetis dengan cara menembakkan ion argon pada sebuah substrat film polimer. Masing-masing kristalnya cuma berukuran sekitar 7,7 nanometer, dan didesain lebih rapat ketimbang teknologi pembentukan pita film jadul.

Nah, kalau kamu penasaran seberapa besar data yang bisa disimpan dalam sebuah kaset berkapasitas 185TB milik Sony itu, berikut periciannya:

1. Tiap inci pita memiliki kapasitas setara dengan 3 buah teknologi Blu-ray, dan sebuah kaset setara dengan 3.700 buah Blu-ray. Jika disusun di dalam kardus, ketinggiannya bisa mencapai 4,5 meter.

2. Mampu menyimpan sekitar 64.750.000 lagu. Jika sebuah lagu durasinya 3 menit, maka satu kaset ini bisa  memberikan kamu dengan persediaan playlist lagu favorit, selama 134.896 hari.

Namun Sony belum berencana untuk menjualnya sebagai sebuah produk komersil dan belum memberikan keterangan pasti soal kapan mereka akan siap merilisnya ke pasaran. Sony telah berkomitmen untuk mengembangkan pita generasi baru sebagai salah satu solusi jangka panjang untuk kebutuhan backup data sekelas industri.

Jadi nantinya pita kaset jenis baru ini tak hanya terbatas untuk kebutuhan musik, game, penyimpanan video dan juga playback video. Kamu tertarik membelinya? Semoga saja cepat mengudara di pasaran ya!