Brilio.net - Nikola Tesla lahir pada 10 Juli 1856. Meski namanya tidak banyak muncul di buku sejarah, ternyata ia adalah penemu arus listrik bolak-balik (alternating current).

Dia punya 700 paten. Antara lain robot, busi, lampu busur listrik, perangkat sinar x, bladeless turbines, komunikasi wireless, teknologi laser, lampu neon, remot kontrol, komuikasi selular, radio, electrical bath, dan radar.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (29/4), Tesla merupakan seorang penemu yang terkenal pada masanya. Dia yang mendasari penemuan Thomas Alva Edison. Sempat terjadi ketegangan antara Tesla dengan Edison dan terlihat jelas ketika debat arus searah atau arus bolak-balik mengemuka. Tesla yang kemudian memenangkan perdebatan ini berpendapat arus bolak-balik lebih efisien dan terbukti hemat.

Tesla kemudian juga terlibat dalam beberapa proyek kontroversial. Banyak pekerjaannya yang dirusak oleh Edison, yang kemudian merusak reputasi Tesla. Juga ada campur tangan bankir yang merasa bisnisnya terancam oleh riset Tesla sehingga membuat Tesla bangkrut agar risetnya terhenti.

Salah satu proyek suksesnya adalah transmisi listrik berbasis wireless yang terbilang revolusioner. Energi dari wireless ini akan menyingkirkan pabrik minyak dan gas. Tesla menggarap proyek ini di akhir hidupnya, setelah mengalami kebangkrutan. Jauh setelah itu barulah terungkap bahwa seluruh hasil pekerjan, riset, dan temuannya dicuri.

Loading...

Temuan lainnya adalah mobil listrik, yang ternyata dihadang oleh perusahaan minyak, industri mobil, dan pemerintah. Mereka secara bersama berupaya mengetop berkembangnya mobil listrik pada tahun 90an. Tesla meninggal pada 7 Januari 1943 di New York.

Berikut ini adalah video yang menggambarkan temuan Tesla yang terkubur.