Brilio.net - Makan tanpa sayur atau istilahnya 'garingan', tentu rasanya kurang sedap. Di samping itu, sayuran juga merupakan makanan sehat kaya kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Namun bagi sebagian orang makan sayur adalah sesuatu yang terasa begitu 'berat' karena sudah terlanjur punya rasa tidak suka. Jika keadaanmu seperti itu, kamu tak perlu bingung.

Kini, kamu perlu coba olahan berbagai sayuran gawean Esti Widayati atau yang kerap disapa Bu Etik yaitu yang diolah menjadi keripik seperti keripik kemangi, keripik pare, keripik paru (daun singkong), keripik terong, dan keripik seledri.

Nggak suka sayur, olahan keripik sayur ini solusinya

"Awalnya anak-anak nggak suka makan sayur jadi ibu coba ngolah jadi keripik biar pada suka. Ibu memang orangnya suka bereksperimen gitu," ungkap anak pertama Bu Etik kepada brilio.net Jumat (29/5). Bu Etik menambahkan, kreasi kripik sayurnya ini juga untuk mengisi waktu karena anak bungsunya kala itu sudah masuk SD. Sebelumnya, Bu Etik sempat menjajal usaha sovenir dan katering namun tidak berumur lama. 

Loading...

Bu Etik juga pernah mengolah sumber nabati lain yang bisa dijadikan keripik seperti wortel dan belimbing. "Kalau yang buah tergantung pesanan, mereka kirim buah nanti kita yang olah. Tapi kalau buah lain kita perlu eksperimen dulu," ucap bu Etik.

Usaha yang dinamai Jaya Makmur ini beralamat di  Jalan Jeruk Timur I no 3 Sanden, Kramat Selatan, Kota Magelang. "Ini sudah dari 2009 tapi boomingnya baru 3 tahun terakhir. Resep dari saya sendiri, karyawan ada 8 orang tinggal melaksanakan," katanya.

Nggak suka sayur, olahan keripik sayur ini solusinya

Hingga kini, pasaran keripik produksi Jaya Makmur yang rata-rata total sebanyak 30 kg/hari ini sudah sampai ke Jakarta, Lampung, Kalimantan, serta beberapa daerah di Jawa Timur. "Distribusinya ke beberapa toko area Jawa Tengah, di pusat oleh-oleh Solo juga ada produk kita. Kalau yang ke luar Jawa itu ada yang konsumsi pribadi, ada juga yang distributor," ujar putri sulung Bu Etik.

Nggak suka sayur, olahan keripik sayur ini solusinya

Keripik olahan Bu Etik ini dikemas dalam beberapa ukuran berat. Untuk masing-masing jenis sayurnya, yaitu 150 gram, 175 gram, serta 200 gram, dengan kisaran harga Rp 11.000-Rp 15.000. Produk Jaya Makmur ini juga penah tampil dalam even Soropadan Agro Expo tingkat nasional pada Juni 2015.