Brilio.net - Sebagaimana banyak orang ketahui, Anonymous merupakan kelompok aktivis dunia maya atau 'hacktivis' yang dibentuk pada tahun 2003. Para anggotanya disimbolkan mengenakan topeng Guy Fawkes atau yang biasa dikenal V for Vendetta. Majalah Time pada 2011 bahkan pernah memasukkan nama 'Anonymous' sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia.

Anonymous memang dikenal sebagai orang-orang yang mahir membobol sebuah produk yang dibuat di Internet, seperti misalnya akun, website, database dan semua keluaran teknologi informasi. Isu terbaru tentang Anonymous memanas pada kasus serangan teroris di Paris beberapa waktu lalu. Anonymous meluncurkan misi #OpParis, yang memberikan intruksi pada Anonymous lain untuk bersama-sama meng-hack seluruh akun jejaring media sosial yang mendukung gerakan ISIS.

Sekilas cerita tentang Anonymous itu tentu memberikan gambaran bahwa kumpulan hacker ini populer dan tak diragukan kehebatannya. Namun, ada sekelompok pemuda yang mengaku-aku anggota Anonymous. Sikap ngawur dan berlebih ini membuat banyak netizen mempertanyakan kemampuan hacking mereka dan tak sedikit yang menertawakannya.

1. Anak muda yang mengaku Anonymous

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Ngaku anggota Anonymous, sekelompok pemuda ini ditertawakan netizen

"Anonymous itu kalau kampanye/demo lewat website yang mereka bobol bukan keliling-keliling cuma pakai topeng Vendetta 20 ribuan," kata akun Alka Shogi

"Kalau begini caranya, lama lama bikin LSM nih, terus ada pemodal menjelang pemilu bikin partai. Ada membership kartu anggota, buka cabang tiap kabupaten, jualan merchandise, bikin bendera yang akan dikibarkan di setiap konser dari kelas dangdut koplo sampai konser cibi-cibi," sindir akun Vico Sidarta mengomentari foto tersebut.

2. Mereka malah lebih mirip kelompok fans klub

Ngaku anggota Anonymous, sekelompok pemuda ini ditertawakan netizen

"How to be anonymous 1. Beli topeng V Vendetta, 2. Pake topengnya, 3. Show-off di alun-alun kota sambil bawa spanduk 'kita anonymous loh'," timpal akun Amet Doohan ikut mengomentari.

Berdasarkan penelusuran brilio.net, foto-foto anak muda tersebut merupakan unggahan akun Ir Dhzin pada 12 Februari 2015 lalu, yang mengaku drinya dan kawan-kawanya sebagai Anonymous. Namun foto ini kemudian ramai setelah akun Oda Wari‎ mengunggahnya di salah satu group media sosial pada Rabu, (23/12).

Hemmmm, menurut kamu apakah mereka beneran sekelompok jago hacker seperti Anonymous atau bagaimana?

(brl/fen)