Brilio.net - Persiapan Peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 di Bandung, Jawa Barat (Jabar) terus dilakukan. Tak terkecuali mempersiapkan menu makanan bagi para delegasi. Yang menarik, pemerintah akan menghidangkan menu makanan tradisional dalam hajatan level internasional tersebut.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) menyatakan delegasi yang hadir akan dijamu dengan menu tradisional Jabar seperti makanan sunda saat jamuan makan siang.

Aher mengatakan alasan pihaknya menyajikan makanan tradisional karena pada peringatan sebelumnya ada sejumlah kepala negara yang mengeluh soal makanan. "Jadi pada Peringatan KAA 2005 sejumlah kepala negara mengeluh diberikan menu Eropa. Mereka mengeluh kok yang disedikan makanan Eropa, ternyata ketika datang ke sini inginnya makanan lokal," katanya dikutip Antara.

Atas dasar tersebut, Aher yang ditemui seusai mendampingi Kepala Staf Kepresidenan RI Luhut Panjaitan, yang sekaligus Penanggungjawab Panitia Nasional KAA, akan menyajikan menu atau makanan tradisional dari Jabar.

"Oleh karena itu, atas keluhan tadi kami akan mempertimbangkan, namun nanti ini kan yang memutuskan dari panitia pusat. Tapi tadi dengan obrolan Pak Luhut dengan makanan sunda ada nasi liwet dan macam-macam, ternyata enak juga katanya," kata dia.