Brilio.net - Suara misterius itu terdengar seperti suara pecahan, suara bisikan, serta sesuatu yang berdesis yang berasal dari tempat sejauh 36 km di atas permukaan bumi. Saat ini NASA berencana untuk meletakkan tambahan alat mikrofon pada sekitar daerah sumber suara karena memang mereka belum tahu pasti darimana suara tersebut berasal.

Dilansir briio.net dari iflscience.com, Sabtu (9/5), seorang ilmuwan bernama Daniel Bowman membuat peralatan untuk merekam suara tersebut dan menyatakan bahwa suara tersebut terdengar seperti 'The X-Files'. Suara yang dikenal sebagai atmospheric infrasound itu memiliki frekuensi yang rendah untuk didengar oleh telinga manusia dan biasanya frekuensinya di bawah 20hertz.

Bowman juga berharap bahwa rekaman suara ini dapat memotivasi para peneliti untuk kembali mendengarkan dan mencaritahu fenomena terkait atmospheric infrasound. Sebelumnya pada tahun 1960an, para peneliti juga tidak sengaja mendengarkan sebuah suara serupa dan tampaknya hal itu mulai dilupakan saat ini.

"50 tahun lalu juga sempat terdengar sebuah suara yag berasal dari lapisan stratosfer. Dan bila kita meletakkan sebuah instrumen di sana bisa jadi kita akan menemukan hal yang selama ini tak terlihat," kata Bowman pada iflscience.com, Rabu (6/5).

Mikrofon yang dipergunakan untuk menangkap infrasound sebelumnya juga dipasangkan pada sebuah perangkat NASA bernama High Altitude Student Platform (HASP). Frekuensi rendah sebenarnya juga bisa dihasilkan dari beberapa fenomena alam seperti gempa bumi, erupsi gunung, badai, atau lainnya.

Maka dari itu jika para peneliti lebih serius dalam proyek infrasound ini, bisa jadi alat tersebut dapat digunakan untuk memonitor kondisi cuaca. Saat ini Bowman juga sedang berusaha untuk mempelajari infrasound yang bersumber dari erupsi gunung berapi.

Para peneliti sendiri mengemukakan, bahwa daripada kita sebaiknya tidak mengira-ngira apakah suara ini berasal dari alien atau robot, karena bisa jadi sumber suaranya malah berasal dari sekitar kita. Suara itu bisa saja berasal dari ombak di lautan, sinyal dari sumber tenaga angin, atau getaran yang dialami oleh perangkat NASA sendiri.

Kita tunggu saja perkembangan penelitian ini ya. Dan berikut adalah rekaman suara yang tidak sengaja terekam tadi.

Berikut videonya. Kamu bisa dengarkan sedikit cuplikan suara yang sempat direkam oleh NASA: