Brilio.net - Museum timah merupakan salah satu destinasi yang ramai dikunjungi yang ada di kota Bangka, Pangkal Pinang. Museum ini menempati rumah dinas Hoofdt Administrateur Bank Tin Winning (BTW). Museum ini terletak di jalan Ahmad Yani nomor 179 Pangkal Pinang.

Dari depan, museum ini memang tampak sederhana dan hampir sama dengan museum kebanyakan, namun siapa sangka jika museum timah atau akrab juga disebut museum teknologi timah merupakan museum timah satu-satunya yang ada di Asia.

Museum yang berdiri tahun 1958 ini awalnya bertujuan untuk memperkenalkan sejarah pertimahan buat masyarakat Bangka Belitung. Ya, daerah Bangka Belitung memang terkenal dengan kekayaan alam timahnyya, sehingga masyarakatnya memang cukup akrab dengan timah.

Meski didirikan tahun 1958, namun museum ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 2 Agustus 1997. Sejak saat itu museum ini ramai dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan lokal maupun internasional.

Museum ini memiliki koleksi tentang sejarah pertimahan di Indonesia, mulai dari alat pembuatan timah tradisional sampai pembuatan timah modern kesemuanya ada di museum tersebut. Selain itu, tempat dari museum itu juga merupakan tempat yang pernah dijadikan sebagai tempat perundingan  antara pemerintah Indonesia dan Belanda dan menghasilkan perjanjian Roem-Royen.

Indonesia patut berbangga diri dengan memiliki museum tersebut, hal itu berarti Indonesia memiliki aset yang tidak dimiliki oleh negara Asia yang lainnya.

(brl/swh)