Brilio.net - Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang museum pendidikan, museum biologi, museum batik, atau museum peninggalan benda-benda purbakala. Namun, museum yang satu ini sungguh berbeda. Museum ini bernama Museum Gunung Merapi (MGM) yang menjadi museum gunung api pertama di Indonesia.

Seperti namanya, museum ini memang didirikan sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat tentang gunung berapi, khususnya Gunung Merapi. MGM terletak di kawasan lereng Merapi, tepatnya di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Museum yang resmi dibuka pada 1 Oktober 2009 ini memiliki beragam koleksi gambar, batu-batuan, alat untuk meneliti aktivitas gunung dan cerita sejarah gunung berapi di Indonesia. "Museum ini menjadi pembelajaran dan pendidikan tentang mitigasi bencana geologi gunung berapi," ujar Kepala UPT Museum Gunung Merapi, Suharno saat ditemui brilio.net, Selasa (19/5).

Menurut Suharno, MGM memang menjadi museum gunung api pertama di Indonesia. Selain MGM, pemerintah saat ini juga memiliki museum gunung api lainnya, yaitu Museum Gunung Api Batur, Bali.

Tidak hanya wisatawan domestik, MGM juga kerap dikunjungi wisatawan luar negeri. "Setiap tahun ada 3 ribu - 5 ribu turis mancanegara. Biasanya dari Jepang dan Prancis. Tapi belakangan dari Malaysia dan Singapura," tambahnya.

Nah, buat kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan di Jogja, tidak ada salahnya kamu mampir di Museum Gunung Merapi. Sambil liburan, kamu juga akan belajar banyak seputar gunung berapi, khususnya Gunung Merapi. Dijamin liburanmu akan terasa beda dan menyenangkan.