Brilio.net - Mpok Nori, komedian kelahiran Jakarta, 10 Agustus 1930 ini menjadi komedian yang sukses di dunia hiburan Indonesia. Dia terkenal lucu dan enerjik dengan logat khas Betawinya.

Di usianya yang tidak muda lagi, Mpok Nori tetap eksis dalam berkarya meski sudah 84 tahun. Mpok Nori dikenal sebagai sosok yang pekerja keras.

Sebagai masyarakat asli Betawi, Mpok Nori tidak pernah lepas untuk mengambil peran dalam melestarikan budaya Betawi yang mulai punah.

Mpok Nori menyadari bahwa saat ini budaya asli Jakarta itu sudah mulai terpinggirkan. Demi tetap merawat budaya Betawi, dia pun akhirnya mendirikan sanggar seni sebagai sarana pendidikan budaya Betawi.

Sanggar seni dirintisnya bersama anak-anaknya yang juga peduli untuk melestarikan budaya Betawi. Mpok Nori bersama anaknya yang bernama Karmila secara bergantian memberikan pelajaran tari kreasi Betawi. Selain itu, di sanggar seni tersebut juga diajarkan Belantek dan Gambang Kromong.

Mulianya niat dari Mpok Nori ini merupakan suatu yang patut dicontoh, usia tidak membatasinya untuk peduli akan kebudayaan. Kini pelestari budaya Betawi itu telang meninggal dunia, semoga amal ibadahnya diterima di sisiNya.

Selamat jalan Mpok Nori. Terima kasih sudah melestarikan budaya Betawi.