Brilio.net - Perayaan Tri Suci Waisak 2559BE-2015 dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Irian Jokowi Selasa (2/6). Tepat sekitar pukul 19.00 WIB Jokowi beserta rombongan tampak berjalan kaki menuju tempat acara yang berlokasi di Taman Lumbini Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah.

Turut hadir Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Mensesneg Pratikno. Presiden dan para rombongan disambut dengan tarian Selamat Datang Balaturangga oleh Grup Buddha Dharma Indonesia.

Ketua Panitia Perayaan Waisak Nasional Ummat Buddha Indonesia 2015, Arief Harsono menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan, selanjutnya Bhiksu Tadisa Paramitha Mahasthavira menyampaikan pesan Waisak. Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo juga mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Jokowi atas kehadirannya pada acara Waisak.

Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat merayakan Tri Suci Waisak kepada umat Budha di Indonesia. Acara perayaan Dharmasanti dalam rangka memperingati Hari Raya Trisuci Waisak 2559 BE/2015 itu dihadiri sekitar 10.000 orang umat Budha dari berbagai daerah di Indonesia.

Perayaan Tri Suci Waisak tahun ini begitu dinanti oleh ribuan orang, salah satunya adalah pelepasan lampion ke udara pada detik-detik Waisak.

Antusiasme masyarakat sekitar yang memadati pelataran candi tak lepas dari adanya agenda tahunan pelepasan ribuan lampion tersebut. Tampak ribuan pengunjung yang berkumpul demi menyaksikan pelepasan lampion rela menunggu hingga dini hari, cuaca cerah sangat mendukung untuk mengabadikan pelepasan lampion ke langit.

Acara puncak detik-detik Waisak bertempat di altar utama candi Borobudur yang kemudian disusul oleh pelepasan ribuan lampion ke udara. Bahkan hingga dini hari pun banyak pengunjung yang belum beranjak demi mengabadikan momen tahunan yang satu ini.

Lentera yang terpancar dari lampion begitu indah, tak ayal momen ini sangat ditunggu tiap tahunnya. Kamu yang tak sempat datang langsung ke Candi Borobudur, briliio.net memiliki video spesial perayaannya. Silakan ditonton!