Brilio.net - Modus penipuan masyarakat kian banyak saja jenisnya. Oknum-oknum tersebut mampu meraup uang dari masyarakat yang tidak paham bahwa itu adalah modus penipuan. Kejadian ini pernah dialami salah seorang netter, Bartinda, yang mengaku orangtuanya terus diberi surat yang menyatakan sebagai pemenang hadiah ratusan juta rupiah. Tapi, dengan syarat harus membeli sebuah alat kesehatan.

"Ini perusahaan apa ya? Kok setiap Minggu ibu saya dikirimi surat ini, tapi syarat pengambilan hadiah harus membeli alat kesehatan," tanya Bartinda dalam sebuah grup media sosial, Kamis (12/11).

Tidak hanya satu atau dua orang, ternyata banyak orang mengaku mendapat surat serupa. "Tempat saya juga sering mendapatkan surat serupa, dan yang mengantarkan petugas pos lagi," tutur Adjie mengomentari status Bartinda.

Dalam surat tersebut tampak jelas nominal yang ditawarkan fantastis dan meyakinkan. Untuk masyarakat yang tidak mengetahui bahwa modus itu adalah penipuan, wajib waspada. Karena ketidaktahuan,  akan menjadi sasaran empuk penipuan. Terlebih dalam surat yang dikirim mencatumkan dengan jelas nama penerima.

Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), sudah sering mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan segala bentuk undian gratis, hadiah atau iming-iming lainnya.

Loading...

Pasalnya hal tersebut rawan sekali dengan aksi penipuan oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Dalam edaran pesan seperti yang diterima brilio.net, Kamis (12/11), Kemensos RI, menyarankan agar masyarakat yang tidak ingin tertipu saat mendapatkan sebuah tawaran atau hadiah yang menggiurkan, agar menghubungi pihak Kemensos melalui nomor layanan 021-314400.

"Hal tersebut untuk memastikan kebenaran hadiah atau undian tersebut," tulis Kemensos melalui pesan singkatnya.