Brilio.net - Modus penipuan semakin hari semakin beragam. Masyarakat pun diimbau lebih waspada dengan kedatangan orang baru yang tak dikenal, meski orang tersebut menggenakan baju dan pengenal mirip pegawai asli. Bahkan kini ada juga penipu yang sengaja membawa hadiahnya ke rumah korban agar tampak lebih meyakinkan. Salah satunya seperti yang dialami oleh keluarga Althia Sari beberapa hari lalu.

Sari menceritakan kejadian itu dalam akun Facebook miliknya, bahwa korban penipuan model kuis ini dialami sendiri oleh mertuanya pada Selasa, (27/10) sekitar jam 16.00 WIB. Sore itu mertua Sari hanya berdua di rumah, lalu datang dua orang laki dan perempuan bertamu dan bilang mereka dari PT Unilever.

Pendek cerita, mertua Sari yang menjadi korban ditanya mengenai produk pasta gigi merek apa yang digunakan. Lalu para pelaku ini bikin semacam kuis yang mana jika korban bisa jawab dengan betul, maka mereka bisa mendapatkan hadiah TV Flat 29 inchi. Hadiah yang dijanjikan itu sudah mereka bawa dan dibungkus menggunakan kantong plastik putih dan diangkat oleh si penipu.

"Mama mertua saya menjawab pertanyaan kuis dari mereka dan jawabannya betul. Nah disini letak penipuan nya. Mereka meminta uang sebanyak Rp 700.000 untuk pajak dari hadiah TV tersebut. Mertua saya yang saat itu tidak memegang uang cash sampai pergi dulu ke ATM untuk ambil uang. Setelah uang dikasih ke si penipu, mereka sempat minta foto sama mertua saya yang katanya foto tersebut akan dimuat di salah satu koran cetak nasional edisi besok harinya. Tapi karena foto yang diambil sama mereka kurang bagus hasilnya, mama mertua saya minta difoto juga pake HP pribadi dia," tulis Sari menceritakan.

Setelah uang telah ditangan penipu, barang yang katanya TV masih tergeletak di ruang tamu. Si penipu laki-laki tadi bilang hendak mengetes TV nya, jadi ia meminta disiapkan kabel yang agak panjang ke ayah mertua Sari. Sedangkan si penipu perempuan meminta diambilkan minum ke ibu mertua Sari.

Loading...

"Pas mama papa mertua saya balik ke ruang tamu, dua orang itu udah nggak ada. Tunggu punya tunggu nggak balik-balik lagi. Mertua saya ngga punya pikiran macem-macem sampe akhirnya mereka buka bungkusan kresek putih yang katanya TV Flat itu. Betapa kagetnya mereka pas ngebuka bungkusan plastik putih tersebut ternyata isinya bukan TV tapi kompor sodara-sodara! Kompor gas biasa merk AIRLUX yang di pasaran harganya nggak bakal sampe 700rb," lanjut Sari dalam tulisannya.

Sari membagikan cerita dan foto penipu tersbut dengan harapan agar tidak ada lagi yang kena tipu-tipu model serupa seperti yang dialaminya. Sari menganggap penipu sekarang sudah makin tak tau malu dan datang door to door. Sari berpesan agar berhati-hati untuk yang orang tuanya sering sendiri di rumah agar sebaiknya tidak menerima tamu yang tidak dikenal.

Ketika brilio.net mengonfirmasi kejadian tersebut, Jumat (31/10), Sari membenarkan penipuan yang dialami mertuanya itu. "Yang di foto itu papa mama mertua saya sama wajah penipunya. Kebetulan rumah mertua saya pinggir jalan, jadi sasaran empuk buat penipu model begini. Habis dapet duit langsung kabur pakai motor," kata Sari.