Brilio.net - Semua orang butuh liburan. Melepas sejenak kepenatan bekerja atau belajar. Termasuk Novita Maharani, cewek 21 tahun ini. Rani, demikian dia biasa disapa ingin berwisata ke Pulau Dewata, Bali. Pulau yang terkenal dengan keindahan dan eksotisme wisatanya.

Setahun yang lalu ia sangat ingin melakukan perjalanan wisata ke Pulau Bali tapi saat itu ia tak memiliki uang tabungan yang cukup. Modal nekat, ia tetap bersikukuh berangkat dengan uang Rp 150.000. Tak hilang akal Rani kemudian pergi ke terminal bus dia berpikir bus adalah transportasi yang bisa dijangkau. Namun ternyata harga tiket Sidoarjo - Bali Rp 195.000. Sadar bahwa uang yang ia miliki tak cukup, kemudian ia mencoba untuk bernego dengan supir dan kernet bus.

Hingga akhirnya sang supir bus setuju untuk membawa serta Rani ke Bali secara gratis dengan syarat ia mau mencuci 2 bus. Setelah sekitar 2,5 jam berlalu Rani bisa menyelesaikan pekerjaannya. Rani pun diperbolehkan ikut berangkat ke Bali. Sampai di Bali pun karena tak memiliki cukup uang untuk menginap di hotel ia memutuskan untuk tidur di terminal Denpasar selama satu hari. Keesokan harinya ia menumpang mobil pick up yang mengangkut sayuran untuk pergi ke daerah Kuta dengan perjalanan kurang lebih satu jam.

Masih dengan misi backpakernya, Rani mencoba untuk berhemat dengan makan nasi jinggo seharga Rp 4.000. Lantaran ingin jalan-jalan keliling Bali ia sempat berniat untuk menyewa motor namun urung karena harga sewa per harinya Rp 50.000. Akhirnya dia hanya berkeliling di sekitar area Kuta dengan berjalan kaki hingga malam harinya ia memutuskan untuk tidur di halte.

Keesokan harinya ketika melanjutkan perjalanan Rani bertemu dengan turis Jerman wanita yang tak begitu mahir berbahasa Inggris. Kebetulan Rani menguasai 4 bahasa termasuk Jerman dari hasil kursusnya dulu, jadilah ia beralih profesi menjadi guide dadakan selama sehari dan berhasil mengantongi uang Rp. 1.000.000,-.

Loading...

Dari uang tersebut kemudian Rani bisa menginap di hotel di daerah Bugis 2 dengan tarif Rp. 50.000 per hari. Tak terasa ia sudah berada di Bali selama 3 hari, bahkan dengan modal awal Rp 150.000 ia malah bisa mendapatkan uang tambahan. Ia juga sempat berkenalan dengan seorang pria asal Perancis dan masih berteman sampai sekarang.

"Akhirnya pulang bisa naik pesawat. Dan ternyata nggak perlu pakai nabung dulu cukup modal nekat bisa jalan-jalan ke Bali," kenangnya sembari tertawa melalui layanan story telling brilio.net 0-800-1-555-999 beberapa waktu lalu.

Cerita ini disampaikan oleh Rani melalui telepon bebas pulsa Brilio.net di nomor 0-800-1-555-999. Semua orang punya cerita. Ya, siapapun termasuk kamu punya kisah tersembunyi baik cerita sukses, lucu, sedih, inspiratif, misteri, petualangan menyaksikan keindahan alam, ketidakberuntungan, atau perjuangan hidup yang selama ini hanya kamu simpan sendiri. Kamu tentu juga punya cerita menarik untuk dibagikan kepada kami. Telepon kami, bagikan ceritamu.