×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mobil rancangan anak muda Indonesia ini diakui dunia

View Image

0

BRILIO » News

Mobil rancangan anak muda Indonesia ini diakui dunia

Inovasi mobil buatan putra bangsa ini sungguh menakjubkan.

25 / 09 / 2015

Brilio.net - Selalu saja ada inovasi keren yang membuat kagum dunia internasional. Salah satu inovasi mahasiswa Indonesia adalah menciptakan mobil dengan bermacam-macam teknologi yang unik dan tentunya sudah diakui dunia internasional. Kira-kira apa aja sih, mobil hasil karya hebat anak bangsa ini?

1. Mobil Listrik Android - UII

Mobil rancangan anak muda Indonesia ini diakui dunia

Mobil Android ini buatan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia.  Ini merupakan mobil pertama yang berbasis android. Nazri Affandi, ketua Tim Ulil Albab yang menemukan inovasi ini mengungkapkan, penggunaan Android sebagai kendali mobil, panel instrumen mobil yang biasanya dipasang rumit dan memberatkan mobil diganti dengan aplikasi buatan timnya yang bisa dikendalikan lewat smartphone berbasis Android. Keren!

2. Mobil Sapu Angin - ITS

Loading...

Mobil rancangan anak muda Indonesia ini diakui dunia

Mobil yang diberi nama Sapu Angin ini adalah karya mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS). Sudah empat tahun berturut-turut ITS menjuarai di ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia. Kali ini mereka berhasil menyabet juara pertama untuk kategori urban concept diesel dalam ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2015 di Manila. Pada kategori urban concept diesel, mobil Sapu Angin ITS unggul dengan rekor baru yaitu dapat 153 km/liter! Wow!

3. Mobil Garuda - UNY

Mobil rancangan anak muda Indonesia ini diakui dunia

Tidak mau kalah, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pun menciptakan mobil listrik. Mobil buatan mahasiswa UNY tersebut dapat dipacu hingga 130km/jam. Mobil yang dinamai mobil Garuda F-15 ini pun didesain sebagai mobil balap.

Tidak tanggung-tanggung mobil karya tim yang diketuai oleh Afri Yudantoko berhasil membuat nama Indonesia harum di mata dunia. Tim Garuda UNY berhasil menjadi Juara Umum dan mendapat gelar Best of the Best pada International Student Green Car Competition (ISGCC) 2015 di kategori mobil Hybrid di Songsan Myun Hwasungsi, Korea Selatan.

Hebatnya lagi, tim berjuluk Garuda UNY Racing Tim (GURT) ini juga menjadi satu-satunya delegasi wakil dari Indonesia dalam ajang tersebut.

4. Mobil Keris RV - UI

Mobil rancangan anak muda Indonesia ini diakui dunia

Universitas Indonesia (UI) kembali menunjukkan inovasi dengan meluncurkan dua mobil hemat energi, ramah lingkungan,  dan ultra-efisien. Mobil karya mahasiswa Fakultas Teknik (FT) bernama Keris RV dan Kalabia evo-3.

Melebihi buatan mahasiswa ITS, mobil karya mahasiswa UI ini dapat menempuh jarak sejauh 1.027 kilometer hanya dengan menggunakan seliter bensin! Keris RV berhasil meraih juara dan memecahkan rekor tersebut dalam ajang Energy Marathon Challenge.

5. Mobil Bimasakti - UGM

Mobil rancangan anak muda Indonesia ini diakui dunia

Selain Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) juga memiliki mobil hasil rakitan mahasiswanya. Ya, mobil hasil rakitan tersebut bernama Bimasakti UGM. Mobil dengan kapasitas satu penumpang ini pernah ikut serta dalam ajang Student Formula Japan pada tahun 2013 lalu.

6. Mobil Antawirya - UNDIP

Mobil rancangan anak muda Indonesia ini diakui dunia

Dibentuk pada 2013, tim Antawirya lahir dari tangan-tangan kreatif anggota Divisi Workshop Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Diponegoro. Mereka pertama kali berlaga pada Indonesian Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013, sebuah kompetisi mobil irit bahan bakar besutan Ditjen Dikti. Di bawah asuhan Dr. Susilo Adi Widyanto tim Antawirya akan berlaga mewakili Indonesia dalam kompetisi tingkat Asia Pasifik, Australia dan Timur Tengah dalam kategori Urban Concept.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    67%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more