1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Angga Roni Priambodo 15 September 2015 18:08

Mitos hantu di kota-kota di Indonesia yang bikin merinding

Benar atau tidak setiap kota di Indonesia pasti punya cerita hantu yang bikin merinding.

Brilio.net - Hantu atau makhluk halus lainnya seperti halnya manusia adalah makhluk ciptaanNya. Meski tidak selalu bisa dilihat dengan kasat mata, namun kadang mereka memberikan tanda-tanda tentang keberadaannya. Suara-suara, gerakan yang aneh atau bahkan penampakan adalah cara mereka memperkenalkan diri kepada manusia.

Meski kebenarannya masih diragukan, mitos atau cerita-cerita hantu adalah hal wajar di semua negara, tak terkecuali Indonesia. Bisa dibilang Indonesia punya 'spesies' hantu terbanyak di antara negara-negara lainnya. Pocong, kuntilanak, tuyul, genderuwo adalah nama-nama hantu yang familiar di telinga orang Indonesia.

Kebanyakan dari mereka dikatakan mempunyai wujud yang menyeramkan tapi ada juga yang muncul dalam wujud seperti wanita cantik.

Selasa (15/9), brilio.net merangkum 10 mitos hantu di berbagai kota di Indonesia yang bisa bikin bulu kudukmu berdiri.Benar atau tidak keberadaannya masih menjadi perdebatan di masyarakat. Ada yang percaya ada pula yang tidak. Nah, barangkali kamu pernah punya pengalaman dengan salah satu hantu berikut ini.

1. Hantu Drumband di Yogyakarta
Sudah tak terhitung banyaknya laporan dari para netizen di Yogyakarta bahwa mereka sering mendengar suara drumband di tengah malam. Meski ada yang bilang itu adalah suara drumband Akademi Angkatan Udara (AAU) tapi terasa janggal jika daerah di Bantul atau Kaliurang juga mendengar suara Drumband tersebut mengingat jarak yang jauh.

2. Hantu Terowongan Casablanca di Jakarta
Cerita hantu di terowongan  Casablanca ini sudah kondang sejak lama. Banyak pengendara yang mengaku sering melihat penampakan wanita cantik saat melintas di terowongan ini. Konon, kalau tidak ingin diganggu, pengendara harus meminta izin melintas dengan cara membunyikan klakson.

3. Hantu Tol Purbaleunyi
Cerita mistis kerap muncul dari Tol Purbaleunyi atau Tol Cipularang. Jalan bebas hambatan itu dinilai angker oleh sebagian orang, terutama di KM 70 hingga KM 100. Sering terjadi kasus kecelakaan di KM 70 hingga KM 100 dan juga banyak pengendara yang melihat penampakan hantu di sini.

4. Misteri Tanjakan Emen di Subang
Tanjakan Emen terletak di perbatasan Bandung dengan Subang Jawa Barat. Sering sekali terjadi kecelakaan di tanjakan ini karena pengemudi seperti melihat jalan lurus padahal sebetulnya jalan belok. Banyak terjadi kecelakaan tunggal di sini karena menabrak pohon.

5. Penampakan di Rumah Darmo, Surabaya
Rumah Darmo adalah sebuah rumah besar yang kondisinya sudah rusak dan tak terawat. Dari penampilan luarnya saja, sudah terlihat bahwa rumah itu sangat menyeramkan. Penduduk sekitar sering melihat penampakan wanita berbaju putih saat malam hingga subuh di sekitar rumah itu.

6. Penampakan Hantu di PLTD Apung, Aceh
PLTD Apung adalah sebuah kapal yang hanyut terseret arus hingga terdampar di tengah kota saat tsunami menyapu Aceh pada 2004 silam. Ratusan ribu penduduk Aceh meninggal dunia dalam bencana itu. Kapal itu sekarang masih berada di tengah kota Banda Aceh dan jadi museum. Masyarakat sekitar sering melihat penampakan hantu di kapal tersebut.

7. Hantu anak sima di Kalimantan
Hantu anak sima merupakan mitos dari daerah pedalaman Kalimantan Selatan. Hantu bewujud anak-anak ini konon adalah hantu jahat yang memakan jantung manusia yang ditemuinya. Pertama-pertama anak sima akan memakan daging punggung untuk melubanginya sebelum mengambil jantung.

8. Lawang Sewu di Semarang
Lawang Sewu adalah sebuah bangunan tua peninggalan Belanda yang mempunyai banyak pintu hingga dinamakan lawang sewu atau seribu pint. Di sini sering terjadi penampakan hantu yang secara tidak sengaja tertangkap kamera maupun mata manusia. Yang paling menghebohkan ketika kamera dalam sebuah acara misteri menangkap penampakan kuntilanak di lorong lawang sewu.

9. Jembatan atau Brug Pengantin di Kebumen
jembatan yang berada di wilayah Kabupaten Kebumen Jawa Tengah ini mempunyai cerita mistis yang mengerikan. Konon, orang yang akan menikah dalam waktu dekat disarankan jangan melewati jembatan ini karena dalam sejarahnya banyak calon pengantin yang tewas kecelakaan di Jembatan ini.

10. Kolam Renang Temperan di Pacitan
Kolam renang ini dulunya adalah kolam renang yang ramai dikunjungi warga Pacitan. Tahun 1996, kolam renang ini ditutup karena seringnya terjadi kejadian mistis yang dianggap tidak aman bagi pengguna kolam renang. Kini, kondisi kolam renang itu berantakan dan tak terawat hingga kesan angkernya pun semakin kuat.

(brl/ani)

BRILIO VIDEO

Alasan Badboy Lebih Menggoda dari Goodboy
Badboy memang cenderung bikin cewek klepek-klepek. Kenapa ya? Yuk simak penjelasannya dalam video Brilio.net berikut. -SUBSCRIBE- ...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?