Brilio.net - Bullying merupakan bentuk kekerasan atau tindakan memaksa untuk mengintimidasi orang lain. Bullying menjadi sesuatu yang berbahaya sebab memiliki dampak yang sangat tidak bagi bagi perkembangan psikis anak.

Hasil penelitian National Youth Violence Prevention Resource Sanders menyatakan bahwa dampak dari bullying dapat berpengaruh pada konsentrasi belajar anak, tingkat kemalasan, cemas dan rasa takut yang berlebihan yang membuat mereka akan menghindari sekolah. Mirisnya, tindak bullying dikalangan remaja saat ini khususnya untuk anak usia sekolah semakin meningkat.

Inovasi untuk memerangi bullying ini muncul dari mahasiswa-mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Adalah Andrian Adzanas, Maitsa Putri Shafa, Bryan Bimantoro dan Shanty Widya Anggraeni.

Mereka tergerak untuk memberikan kontribusi dalam memerangi bullying yang terjadi di lingkungan sekolah. Kegiatan yang mereka lakukan diberi nama 'House of Care: Anti-Bullying'.

"Kami melihat tingkat bullying di Jogja adalah yang paling tinggi di Indonesia, maka dari itu kami berinisiatif membentuk semacam rumah konsultasi," jelas Bryan kepada brilio.net, Jumat (17/4).

Loading...

Sejumlah cara dilakukan House of Care memerangi bullying. Salah satunyalomba poster yang mengambil tema 'Anti-Bullying'. Kegiatan yang dilaksanakan pada beberapa waktu silam di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta ini disambut dengan hangat oleh berbagai pihak.

Dijelaskan Bryan, sekolah serta orangtua murid pun menanggapi dengan postif adanya kegiatan lomba poster yang membuat anak-anak terhindar dari bullying. "Semoga dengan kegiatan kami tingkat bullying di Jogja bisa turun dan House of Care di setiap sekolah di Jogja bisa terwujud. Semoga saja tak ada lagi kasus bullying di sekolah-sekolah Indonesia," lanjut Bryan.

Sekolah ataupun lingkup pendidikan memang menjadi wadah untuk anak-anak saling mengenal, bersosialisasi dan memupuk kreativitas. Tindakan bullying harus dibuang jauh dari kehidupan anak-anak.

Tindakan nyata para mahasiswa ini dapat menjadi untuk semua kalangan masyarakat untuk lebih peduli lagi. Yuk, ambil peran untuk memerangi bullying.