Brilio.net - Negara ini mungkin lebih dikenal orang sebagai penghasil telepon genggam Nokia, kini sudah diakuisi Microsoft.

Tapi, ada fakta menarik dari Finlandia, nama negara yang dimaksud. Negara yang beribu kota di Helsinki ini ternyata menjadi negeri dengan jumlah danau yang mencapai ratusan ribu jumlahnya. Jumlah tepatnya 187.888. Dengan populasi sekitar lima juta penduduk (sensus 2013), maka setiap 26 penduduk Finlandia akan memiliki satu danau.

Danau-danau itu membentang dari Kuopio di utara ke Lahti di selatan, dan dari Tempere di barat menuju Punkaharju dan perbatasan Rusia di timur. Keberadaan ratusan ribu di negeri Nordik, karena letaknya di Eropa utara dan Atlantik utara, tersebut membuat Finlandia adalah surga musim panas di Eropa.

Banyak wisatawan menikmati keindahan danau tersebut di saat musim panas. Mengayuh sampan menembus danau, menembus eksotismenya melewati hutan-hutan yang banyak ditumbuhi pinus dan cemara. "Finlandia adalah tujuan saat musim panas. Alamanya begitu indah," kata Rosemary Behan, seorang wisatawan seperti dikutip thenational.ae Jumat (29/5).

PANTAS DIKLIK:

Loading...

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

VIDEO: Serem! Terdengar suara mirip terompet dari langit di 4 negara!

Sebenarnya siapa sosok pria dalam bungkus rokok?

Selain danau yang jumlahnya ratusan ribu, sisi menarik dari Finlandia adalah seperempat wilayahnya yang berada di dalam Lingkaran Arktik. Konsekuensinya Finlandia mengalami matahari tengah malam. Di titik paling utara Finlandia, matahari tidak terbenam selama 73 hari di waktu musim panas, dan tidak terbit untuk 51 hari dalam musim dingin.