×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mihrab, lain dulu lain sekarang artinya ternyata berbeda-beda

View Image

0

BRILIO » News

Mihrab, lain dulu lain sekarang artinya ternyata berbeda-beda

Mihrab dulunya ternyata bukan penunjuk arah kiblat sekaligus mempat imam memimpin salat berjamaah.

12 / 07 / 2015

Brilio.net - Mihrab jadi salah satu bagian dari masjid atau tempat ibadah kaum muslim sejenisnya. Mihrab merupakan tempat yang digunakan imam sekaligus digunakan sebagai penunjuk arah kiblat. Tapi tahukah kamu apa sebenarnya arti dari mihrab itu sendiri?

Diulas dalam buku Sejarah Ibadah terbitan Republika oleh Syahrudin El Fikri, kata mihrab sebenarnya disebut dalam Alquran sebanyak tiga kali, salah satunya pada QS Ali Imran ayat 37. Ayat tersebut menerangkan jika saat Nabi Zakariya AS menemui Maryam (Ibu Nabi Isa As) yang diasuhnya di mihrab, Nabi Zakariya AS menemukan telah ada makanan di sisinya. Saat ditanya, Maryam menerangkan jika makanan itu datang dari Allah SWT. Lalu mihrab mana yang dimaksud dalam ayat tersebut?

Para ulama sepakat jika mihrab yang dimaksud adalah mihrab di Baitul Maqdis. Tapi apakah bentuk mihrab itu sama seperti saat ini? Menurut Ibnu Katsir, mihrab dalam QS Ali Imran ayat 37 bukanlah sama seperti mihrab yang ada saat ini. Mihrab dulunya adalah ruangan utama masjid, yang biasa dipakai sebagai ruang utama salat, bukan tempat imam memimpin salat.

Kata mihrab juga disebut dalam QS Maryam ayat 11. "Maka, ia keluar dari mihrab menuju kaumnya, lalu ia memberi isyarat kepada mereka; hendaknya kamu bertasbih di waktu pagi dan petang."

Ibnu Katsir menerangkan jika maksud mihrab di sini menunjukkan Nabi Zakariya AS keluar dari Masjidil Aqsa menuju kaumnya yang berada di luar masjid.

Loading...

Menurut Ensiklopedia Islam, kata mihrab sendiri berarti gedung yang tinggi. Sebagian ulama berpendapat, mihrab sebagai tempat memerangi setan dan hawa nafsu. Mihrab menurut mereka berasal dari kata al-Hurba yang berarti peperangan. Tapi ada juga yang menyebutkan jika kata mihrab berasal dari Bahasa Persia yakni sebuah lubang yang tidak tembus atau cekungan (niche) pada Kuil Mithraistik.

Dalam Alquran cetakan King Fahd Complex, Arab Saudi, Muhammad Taqiyuddin al Hilali dan Muhammad Muhsin Khan mendefinisikan mihrab sebagai tempat salat kecil atau ruang privasi, bukan sebagai penunjuk arah kiblat apalagi tempat imam memimpin salat. Pandangan yang lebih berkembang tentang mihrab telah disampaikan oleh Merriam Webster, mihrab adalah sebuah tempat yang menjorok ke dalam atau ruang di dalam masjid yang menjadi penanda arah kiblat.

Begitulah asal kata mihrab hingga akhirnya berkembang sebagai sebutan tempat penunjuk arah kiblat sekaligus mempat imam memimpin salat berjamaah.

BERITA TERKAIT MASJID YANG HARUS KAMU TAHU:

5 Masjid di dunia ini arsitekturnya keren banget, Allahu Akbar!

Bikin kagum, masjid di Turki ini sangat indah bentuknya mirip gua

Kisah Mbah Sholeh, tukang sapu Masjid Ampel yang punya 9 makam

Masjid unik, dibangun pekerja Kristen dan dicat warna pink

Masjid terapung pertama di Indonesia, miliki panorama luar biasa!

Ini lho masjid tertua di Indonesia

Jaga kerukunan, warga beda aliran bisa gantian berjamaah di masjid ini

Satu-satunya di dunia, masjid ini punya dua arah kiblat

Kubah masjid bukan arsitektur asli Islam, begini penjelasan sejarahnya

Ini masjid pertama yang memakai kubah di atapnya, dibangun tahun 685

Masjid-masjid di Indonesia ini tetap memesona meski tanpa kubah





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    17%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more