Brilio.net - Kamu yang mengaku pehobi olahraga renang, berapa jarak terjauh dalam berenang yang pernah kamu catat? Berapapun itu, kamu pasti sulit menandingi pencapaian nenek asal Jepang ini. Dikatakan "sulit" bukan karena jaraknya, tapi karena wanita ini melakukannya dalam usia yang sudah lanjut.

Mieko Nagaoka yang telah berumur 100 tahun, berhasil menyelesaikan renang gaya bebas 1.500 meter di kolam 25 meter. Dia mengklaim sebagai orang pertama di dunia yang berhasil melakukannya. Dia menyelesaikan renang gaya bebas dalam waktu 1 jam 15 menit dan dia adalah satu-satunya peserta yang ikut dalam kompetisi Matsuyama kategori usia 100-104 tahun. Prestasi terbarunya kini diharapkan akan diakui oleh Guinness World Records.

Sebelum rekor ini tercipta, Mieko saat berusia 82 tahun juga berhasil mendapatkan rekor untuk jarak yang sama di kolam 50 meter untuk kategori perenang seusianya. Nagaoka sudah mendominasi papan rekor dunia untuk kelompok usianya, seperti yang diberikan oleh federasi renang internasional (Fina), dia memegang 24 gelar baik jarak pendek dan panjang.

Seperti dilansir BBC, Dia mengatakan kepada kantor berita Jepang Kyodo, "Saya ingin berenang sampai aku berumur 105 jika aku bisa hidup selama itu." paparnya.

Wah, hebat banget nenek ini.

(brl/pep)