Brilio.net - Memiliki banyak teman akrab merupakan suatu keberuntungan. Mereka akan memberi warna dalam kehidupanmu. Kamu akan semakin menikmati hidupmu sebab memiliki banyak orang yang peduli terhadap dirimu. Namun, teman akrab bukan suatu pemberian yang tiba-tiba hadir. Ada jalan/penyebab kamu bisa menjadi bagian penting dalam hidup mereka.

Untuk menjalin suatu hubungan pertemanan yang lebih dekat, macam-macam cara yang dilakukan. Misalnya jalan-jalan bersama, ke bioskop, atau nongkrong.

Dikutip dari Hexjam, Senin (2/11), studi yang dilakukan Oxford University menguak metode menjalin kedekatan yang paling efektif. Menyanyi bersama di kelas, merupakan cara dengan tingkat kemungkinan memperoleh kedekatan satu sama lain. Para peneliti yang berasal dari Worker's Educational Association melibatkan 100 orang yang diminta ambil bagian dalam salah satu dari tiga kelas mingguan yang menjadi variabel: bernyanyi, seni, dan menulis.

Setelah satu bulan, anak-anak kelas menyanyi menampakkan kedekatan yang lebih dibanding dua kelas lainnya. Dikemukakan oleh seorang neurosaintis, Eiluned Pearce, bernyanyi merupakan aktivitas yang butuh penyelarasan satu sama lain dan memiliki visi bersama. Hal inilah yang mampu mendekatkan satu sama lain. Berbeda dengan menulis dan seni yang merupakan aktivitas yang mengeksplorasi kemampuan pribadi.

"Ini seolah memberi petunjuk apa yang harus kita lakukan pada awal tahun ajaran atau sebelum pertemuan bisnis, yaitu mengadakan nyanyi bersama untuk memperbesat jalan bagi hubungan sosial yang lebih baik," terang Pearce.