Brilio.net - Mihaela Noroc (30), seorang fotografer asal Rumania berkeliling ke-37 negara selama 15 bulan untuk mengabadikan potret keberagaman kecantikan wanita di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dia menyebut proyeknya dengan nama "The Atlas of Beauty".

Melalui akun Facebook pribadinya, Noroc menggunggah koleksi foto hasil jepretannya di berbagai negara yang pernah ia kunjungi. Wanita yang mampu berbicara dalam 5 bahasa ini juga berpendapat bahwa kecantikan tidak harus diukur dari penampilan luar saja.

"Saya lebih suka memotret wanita dengan wajah yang natural, tanpa make-up berlebih, serta mengabadikan momen yang dilakukan wanita tersebut," kata Noroc.

Dia menjelaskan bahwa tren global saat ini cenderung memandang kecantikan dengan arti yang sama. Padahal, menurutnya, tidak demikian. Setiap wanita di dunia memiliki kecantikannya masing-masing.

"Sebelum saya memotret seorang wanita, saya berbicara banyak dengannya, membuat dirinya merasa spesial, bangga, dan unik," ujar Noroc seperti dikutip brilio.net dari Telegraph, Senin (16/3).

Menurutnya, setiap wanita harus mencari kecantikan yang ada dalam dirinya sendiri. Mereka tidak harus meniru orang lain yang tidak sesuai dengan jadi dirinya.

"Sekarang saya bisa mengatakan bahwa kecantikan itu ada dimana-mana, dan jangan pernah memusingkan tentang kosmetik yang Anda gunakan atau bentuk tubuh Anda seperti apa, yang terpenting adalah jadilah dirimu sendiri," paparnya.

Norac juga sempat mengunjungi Indonesia, tepatnya di Sumatera. Di sana dia sempat memotret seorang gadis etnis Minangkabau. Dia mengaku sempat kaget. Sebab, kepala rumah tangga dalam etnis tersebut adalah wanita.

"Etnis Minagkabau di Indonesia merupakan salah satu etnis terbesar di dunia. Saya mengambil foto tersebut di sebuah pula kecil di Sumatera," kata dia.

Rencana selanjutnya Noroc akan melanjutkan proyeknya tersebut dan kembali berkeliling dunia. Dia juga berniat menjadikan proyek "The Art of Beauty" sebagai cerminan keanekaragaman masyarakat dunia dengan segala bentuk kehidupan mereka yang unik dan berbeda.