Brilio.net - Harga BBM di Indonesia yang sering berubah tentunya membuat masyarakat bingung. Terkadang premium dan pertamax hanya memiliki selisih harga yang sedikit. Tapi terkadang juga harga pertamax melambung tinggi jika dibandingkan premium.

Hal itu tentunya membuat masyarakat menjadi sering mencoba-coba. Tatkala harga pertamax turun mereka memakai pertamax. Ketika pertamax naik lagi mereka kembali menggunakan premium. Malah beberapa masyarakat mencampur keduanya dalam satu kendaraan. Padahal sering mencampur premium dan pertamax ternyata memiliki efek lho.

Premium dan pertamax memiliki oktan yang berbeda. Premium 88, pertamax 92 dan pertamax plus 95. Oktan yang lebih tinggi tentu memiliki beberapa kelebihan di antaranya lebih cepat membakar mesin. Namun jika dicampur dengan yang memiliki oktan lebih rendah bisa-bisa kelebihan itu hilang.

Sebagai contoh dalam pertamax mengandung zat anti karat namun fungsi tersebut akan hilang jika dicampur dengan premium yang masih mengandung timbal. Hal tersebut akhirnya berujung dapat memperpendek usia mesin kendaraan itu sendiri.

Bahan bakar sebaiknya disesuaikan dengan kendaraan itu sendiri. Biasanya saat membeli kendaraan baru akan ada petunjuk untuk pengisian BBM yang pas. Namun jika kamu ingin mesin kendaraanmu bertahan lama, memakai pertamax adalah saran yang paling pas karena mengandung zat yang bisa menjaga keawetan mesin.