Brilio.net - Mendengar kata catur apa sih yang pertama kali terpikir? pasti kamu berpikir kalau catur itu olahraga orang tua. Kamu juga beerpikir kalau bermain catur itu serius, bikin pusing, membosankan dan nggak asyik kan?

Kesan yang terlihat selama ini, ada dua orang duduk serius dan berpikir keras di hadapan papan catur dan 32 bidak. Jadi, membosankan, betul kan? Anggapan itulah yang ingin ditepis oleh Medina Warda Aulia (18).

Bagi Medina catur adalah olahraga yang unik dan asyik. Gadis yang mendapatkan gelar Grandmaster catur saat usia 16 tahun tersebut memang mencintai olahraga yang satu ini.

"Catur itu unik dan mengasyikkan, dan bukan hanya permainan orang tua kok," kata Medina, kepada brilio.net Jumat (11/9)

Anak muda yang gaul, kata dia,  juga bisa bermain catur. Medina bilang permainan catur itu tidak hanya menggerakkan bidak tapi di sana kita harus memikirkan strategi agar kerajaan kita menang. "Kalau dipikir-pikir kan sama aja dengan permainan game perang yang saat ini lagi booming," kata jebolan SMA N 1 Bekasi, Jawa Barat

Anggapan yang selama ini ada pemain catur adalah orang-orang yang serius dan tidak bisa diajak bercanda. Padahal anggapan tersebut adalah salah besar. Pemain catur justru santai dan asyik diajak ngobrol, bahkan ketika sedang pertandingan catur mereka bisa bebas ngobrol sambil makan atau minum.

Dirinya juga menepis anggapan bahwa remaja yang bermain catur adalah remaja culun dan tidak gaul. "Lagipula, pecatur bisa tetap tampil gaya saat bertanding. Nggak seperti olahraga lainnya yang membutuhkan kostum tertentu. Kalau catur mau pakai baju kayak gimana juga boleh," tambahnya

Di sisi lain, Medina mengatakan, kecintaannya pada dunia catur  berdampak  kehidupan keseharian. "Kalau kita mau ambil langkah, kita mikir nanti gimana ke depannya, efeknya gimana. Jadi di kehidupan, saya juga lebih banyak mikir kalau ke depannya gimana nih. Catur itu, kayak seni. Jadi kita berkreasi, berkarya dengan langkah dan pemikiran kita," tutupnya.