Brilio.net - Akhir kisah hidup Bambang Triyono alias Si Kentung bakal membuat hati siapapun terenyuh yang mendengarnya. Setelah sempat meraih kesuksesan di industri hiburan Tanah Air, Si Kentung kemudian jatuh miskin dan hidup sebatang kara.

Kisah itu diceritakan oleh seorang pegawai Dinas Sosial DIY, Feriawan Agung Nugroho yang menyaksikan sendiri kondisi Bambang. Saat hendak bertugas untuk menyambangi lansia, Feri kaget bukan kepalang ketika melihat calon 'pasien'nya itu adalah mantan artis yang pernah tenar di era 90-an.

Mata Si Kentung berkaca terima santunan, 4 Hari kemudian meninggal

Ketika itu, 'Si Kentung' tinggal di salah satu kamar kos-kosan di RT 5 RW 15, Ngangkruk, Sardonoharjo, Sleman, Yogyakarta. Menurut penuturan Feri, Si Kentung tidak bisa dirawat ke Panti Jompo karena terbentur aturan soal usia. 

Mata Si Kentung berkaca terima santunan, 4 Hari kemudian meninggal

Loading...

“Karena persayaratan usia minimal 60 tahun ke atas. Sedangkan waktu itu, usia beliau masih 58 tahun,” imbuhnya saat dihubungi brilio.net, Senin (29/6).

Di sisi lain, Si Kentung  masih dalam kondisi sakit karena mengalami kelumpuhan akibat penyakit stroke yang dialaminya sehingga tidak bisa melakukan aktivitas apapun. Bahkan, menurut Feri, untuk menegakkan badannya saja, kira-kira butuh empat orang.

“Karena alasan itulah, maka dengan sangat terpaksa, dari Dinas Sosial tidak bisa menerima beliau,” kata Feri.

Feri juga sudah berusaha menghubungi keluarga Bambang namun tidak berhasil karena informasi tentang keluarganya memang terbatas. “Hanya tahu satu anaknya dan memang ekonominya tidak terlalu bagus karena bekerja sebagai tukang cuci di salah satu rumah makan di Jogja," kata dia.

Menurutnya, anak Si Kentung rajin membesuk bapaknya dan memberikan uang ala kadarnya karena dia sendiri memang sudah berkeluarga.

Kendati demikian, usaha Feri tidak berhenti sampai di situ saja. Dia kemudian menulis kisah Si Kentung di jejaring sosial Facebook dengan harapan agar ada donasi atau uluran bantuan dari teman-temannya.  “Saat itu terkumpul bantuan sekitar Rp 2 juta yang saya bayarkan dalam tiga kali pertemuan,” ujarnya.

Pada pertemuan ketiga, kisah Feri, Si Kentung mengucapkan terima kasih sambil mata berkaca-kaca karena selama ini belum pernah ada yang memberikan subsidi kepadanya. Empat hari setelah itu tepatnya tanggal 27 Februari 2015, Si Kentung akhirnya meninggal dunia. 

“Saya mendapatkan informasi dari Forkom Lanjut Usia yang mengatakan kepada saya bahwa beliau sudah meninggal dan dibawa ke RS Bethesda,” tuturnya.

TERKAIT:

Ingat 'Si Kentung' film Tuyul & Mbak Yul? Kisahnya sungguh tragis

Kisah Titin Sumarni, artis tercantik yang berakhir menyedihkan

HOT NEWS:

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa