Brilio.net - Founder sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg akhirnya resmi menjadi ayah. Melalui akun pribadinya, Mark mengumumkan kelahiran anak pertamanya yang diberi nama Max.

"Priscilla dan aku sangat bahagia menyambut putri kami Max ke dunia!" tulis Mark mengawali statusnya tersebut yang dikutip brilio.net, Rabu (2/12).

 

Priscilla and I are so happy to welcome our daughter Max into this world!For her birth, we wrote a letter to her about...

Posted by Mark Zuckerberg on Tuesday, December 1, 2015


Berita bahagia tersebut sontak mendapat ucapan selamat dari berbagai pihak. Salah satunya, istri Bill Gates, Melinda. "Selamat datang di dunia, Max! Bill Gates dan saya tidak sabar untuk bertemu Anda. Anda beruntung memiliki seperti ibu dan ayah yang luar biasa," tulis Melinda Gates.

Penyanyi Shakira pun tidak ketinggalan menyampaikan ucapan selamat. "Kepada Mark dan Priscilla, Dari orang tua kepada orang tua, selamat yang paling tulus menyambut Max kepada dunia. Dia bayi yang sangat beruntung memiliki orang tua dengan dedikasi dan integritas," tulis Shakira.

Dalam postingan itu, Mark juga melampirkan surat yang khusus diperuntukkan bagi putrinya. Berikut isi surat Mark dan Priscilla untuk putrinya tercinta, Max Zuckerberg.

Sepucuk surat untuk putri kami

Max sayang,

Ibumu dan aku tidak punya banyak kata untuk menggambarkan harapan yang kamu berikan kepada kami untuk masa depan. Hidup barumu penuh dengan harapan, dan kami berharap kamu akan bahagia dan sehat sehingga kamu dapat menjelajahi hidupmu sepenuhnya. Kamu adalah salah satu alasan bagi kami untuk peduli terhadap dunia yang kamu tinggali.

Seperti semua orangtua, kami ingin kamu tumbuh dalam dunia yang lebih baik dari hari ini.

Sementara berita utama sering fokus pada masalah, dalam banyak hal dunia semakin baik. Kesehatan semakin meningkat. Kemiskinan menurun. Pengetahuan tumbuh. Orang-orang saling terhubung. Kemajuan teknologi di segala bidang sehingga hidupmu seharusnya lebih baik daripada kami hari ini.

Kami akan melakukan bagian kami untuk membuat hal ini terjadi, bukan hanya karena kami mencintaimu, tetapi juga karena kami memiliki tanggung jawab moral untuk semua anak pada generasi berikutnya.

Kami percaya semua kehidupan memiliki nilai yang sama. Nilai yang juga akan dianut generasi mendatang dibandingkan generasi saat ini. Masyarakat kita memiliki kewajiban untuk berinvestasi sekarang untuk meningkatkan kehidupan semua orang yang lahir ke dunia ini, bukan hanya bagi mereka yang sudah ada di dunia.

Tapi sekarang, kami tidak selalu kolektif mengarahkan sumber daya di peluang terbesar dan masalah yang akan generasimu hadapi.

Pikirkan tentang penyakit. Hari ini kita menghabiskan dana sekitar 50 kali lebih banyak untuk mengobati orang yang sakit ketimbang berinvestasi dalam penelitian sehingga kamu tidak akan sakit lagi.

Pengobatan menjadi ilmu eksak untuk kurang dari 100 tahun, dan kami telah melihat obat yang lengkap untuk beberapa penyakit dan kemajuan yang baik bagi orang lain. Ketika teknologi tumbuh pesat, kami memiliki kesempatan nyata untuk mencegah, menyembuhkan atau mengelola semua sumber daya atau sebagian besar sisanya dalam 100 tahun ke depan.

Saat ini, kebanyakan orang meninggal karena lima hal - penyakit jantung, kanker, stroke, neurodegenerative dan penyakit menular - dan kami dapat membuat kemajuan lebih cepat pada masalah ini dan lainnya.

Setelah kami menyadari bahwa generasi dan generasi anak-anakmu mungkin tidak harus menderita penyakit, kami secara kolektif memiliki tanggung jawab untuk memiringkan investasi kami sedikit lebih ke arah masa depan untuk mewujudkannya. Ibumu dan saya ingin melakukan bagian kami.

Menyembuhkan penyakit akan memakan waktu. Selama periode singkat dari lima atau sepuluh tahun, itu mungkin tidak tampak perbedaan yang kami buat. Tapi dalam jangka panjang, biji ditanam sekarang akan tumbuh, dan satu hari, kamu atau anakmu akan melihat apa yang kami hanya bisa bayangkan: dunia tanpa penyakit.

Ada begitu banyak peluang seperti ini. Jika masyarakat lebih memfokuskan energi pada tantangan-tantangan besar, kami akan meninggalkan generasimu sebuah dunia yang lebih baik.

Itulah beberapa penggalan surat Mark dan istri untuk putrinya, Max. Selamat ya buat Priscilla dan Mark!