Brilio.net - Mobil odong-odong atau mobil gowes, siapa yang tak kenal. Hampir di setiap alun-alun kota besar, kini mudah sekali ditemukan mobil odong-odong. Namun siapa sangka, pionir di balik desain berbentuk mobil ini adalah bekas bengkel modifikasi mobil?

Adalah bengkel bernama "Bengkel Max" yang terletak di jalan Ringroad Utara, Sleman, Yogyakarta, yang menjadi pionir desain mobi odong-odong berbentuk mobil kodok. Di Yogyakarta misalnya, kini modelnya cenderung hampir semua sama berbentuk mobil VW Kodok.

Makin menjamur, 'pabrik' mobil gowes kewalahan produksi

Manajer pabrik bengkel ini, Prasetyo, menuturkan bahwa pabriknya sudah mulai membuat mobil odong-odong atau yang dikenal mobil gowes sejak 2010 lalu. "Awalnya kami prihatin, kok bentuk kerangka odong-odong cenderung tanpa body dan kurang menarik, hanya ada lampunya," ujar Prasetyo kepada brilio.net, Selasa (9/6).

Makin menjamur, 'pabrik' mobil gowes kewalahan produksi

Kini bengkel Max tak pernah sepi orderan, bahkan dalam sebulan bangkel ini menerima minimal 10 mobil. Belum lagi jika masuk liburan tahun baru dan Idul Fitri, menurut Prasetyo, biasanya orderan akan naik hingga dua kali lipat. "Karena banyaknya permintaan inilah, sejak dua tahun terakhir bengkel kami tidak menerima modifikasi. Saat ini kami saja masih kuwalahan dengan orderan dengan desain tanpa modifikasi."

 

BACA JUGA:

Wow, desa ini masih mempertahankan tradisi menenun stagen

Berkreasi membuat tong sampah unik, napi Pekalongan kebanjiran order

Anak tukang tambal ban ini hanya butuh 16 bulan hafal al quran 30 juz

Luna si kuda pustaka keliling 3 desa di Gunung Slamet pinjamkan buku

Keikhlasan bocah autis bantu ibunya jualan kaset pita jadul

Teman alami gangguan penglihatan, Sadiyah ciptakan meja baca pintar